Kompas TV entertainment selebriti

Benarkah BTS Diizinkan Manggung selama Wajib Militer? Ini Kata Menhan Korea Selatan

Kompas.tv - 18 Oktober 2022, 19:22 WIB
benarkah-bts-diizinkan-manggung-selama-wajib-militer-ini-kata-menhan-korea-selatan
Menteri Pertahanan Korea Selatan pada Agustus 2022 lalu sempat mengatakan bahwa personel BTS mungkin diizinkan manggung selama wajib militer. (Sumber: Variety)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengumuman BTS akan menjalani wajib milter (wamil) oleh Bighit Music pada Senin (17/10/2022) menimbulkan kehebohan di kalangan penggemar.

Tak sedikit yang menagih pernyataan Menteri Pertahanan Korea Selatan pada Agustus 2022 lalu yang mengatakan bahwa personel BTS mungkin diizinkan manggung selama wajib militer.

Korea Selatan sebelumnya menawarkan pengecualian kepada atlet dan artis yang telah menciptakan prestise nasional. Namun, pembahasan mengenai BTS tak kunjung selesai.

Baca Juga: BTS Kena Wajib Militer, Korea Selatan Disebut Bakal Kehilangan Puluhan Triliun Uang

Menteri Pertahanan Lee Jong Sup mengatakan bahwa dia saat itu tengah mempertimbangkan opsi untuk layanan militer alternatif untuk BTS.

Lee Jong Sup kemudian mengatakan bahwa personel BTS harus melakukan wajib militer, tetapi pihak pemerintah akan memberikan kesempatan jika ada jadwal manggung di luar negeri.

“(Personel BTS) harus datang ke militer, dan saya percaya akan ada cara bagi kami untuk memberi mereka kesempatan untuk berlatih serta memungkinkan mereka untuk meninggalkan negara itu dan tampil kapan saja jika mereka memiliki jadwal konser di luar negeri,” kata Lee Jong Sup, 1 Agustus 2022, seperti dikutip dari Variety.

Saat itu, Komisaris Administrasi Tenaga Kerja Militer, Lee Ki Sik, juga mengonfirmasi bahwa pihak negara tengah melakukan peninjauan mengenai layanan alternatif wajib militer.

“Kami sedang meninjau (masalahnya) dalam kerangka keseluruhan layanan alternatif,” kata Lee Ki Sik, tak lama setelah pernyataan Lee Jong Sup keluar.

Hingga saat ini, belum ada konfirmasi lebih lanjut, apakah benar BTS dapat manggung selama wajib militer.

Baca Juga: BTS Bakal Jalani Wajib Militer, Jin Jadi Personel yang Pertama Berangkat

Sebelumnya, Bighit Music mengumumkan bahwa BTS wajib militer (wamil), Senin (17/10/2022).

Kim Seok Jin alias Jin BTS akan menjadi personel yang pertama berangkat wamil setelah menyelesaikan perilisan album pertamanya.

“Bighit Music dengan bangga mengumumkan hari ini bahwa para anggota BTS saat ini sedang bergerak maju dengan rencana untuk memenuhi wajib militer mereka,” demikian pernyataan dari Bighit Music, Senin, seperti dikutip dari Soompi.

Baca Juga: BTS ARMY Indonesia Galang Dana untuk Korban Kanjuruhan, Rp400 Juta Lebih Terkumpul

Selanjutnya, BTS akan ‘meliburkan diri’ agar para personel bisa fokus pada proyek solonya dan melakukan wajib militer. Grup itu dijadwalkan kembali pada tahun 2025.

“Baik perusahaan maupun anggota BTS menantikan untuk berkumpul kembali sebagai grup lagi sekitar tahun 2025 setelah melaksanakan komitmen pelayanan mereka.”


 



Sumber : Variety/Soompi


BERITA LAINNYA



Close Ads x