Kompas TV entertainment selebriti

Profil Cak Sapari, Seniman Ludruk yang Meninggal Dunia

Kompas.tv - 15 September 2022, 18:19 WIB
profil-cak-sapari-seniman-ludruk-yang-meninggal-dunia
Seniman Ludruk Surabaya Cak Sapari dikabarkan meninggal dunia. (Sumber: ANTARA/HO-istimewa)
Penulis : Dian Septina | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Peludruk senior Sapari (74) berpulang karena sakit di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (15/9/2022) dini hari.

"Innalillahi wainnailaihi rojiun telah meninggal dunia Cak Sapari legenda ludruk Surabaya," kata Wakil Wali Kota Surabaya Armuji, dilansir Antara.

Meninggalnya Cak Sapari yang merupakan anggota Jula-Juli Guyonan Kartolo Cs ini menyisakan duka yang mendalam bagi Wawali Armuji. Pria yang akrab disapa Cak Ji ini menyebut Surabaya kehilangan seniman besar dan legenda ludruk.

Baca Juga: Pencipta Lagu Apuse Tete Mandosir Sarumi Meninggal Dunia

Profil Sapari

Cak Sapari merupakan seniman ludruk legendaris yang telah menghibur masyarakat sejak tahun 1960an. Namanya mulai dikenal publik, setelah bergabung dalam Kartolo Cs.

Cak Sapari memulai karirnya dalam dunia seni dengan bersolo karir. Begitu pula rekan seperjuangannya, Kartolo. Mereka melangsungkan aktivitasnya masing-masing sebelum kemudian dipersatukan dalam program roadshow RRI.

Saat itu, RRI memiliki program seni unggulan di frekuensi 96,8 FM dan 585 FM, yakni Pro4. Kemudian Sapari bergabung bersama Kartolo dan keempat rekan lainnya, yakni Basman, Sokran, Blonthang, dan Tini untuk menghibur masyarakat Surabaya melalui suara dan lawakan khas mereka. Sejak saat itu, grup ini dikenal dengan nama Kartolo Cs.

Baca Juga: Tantangan untuk Pangeran Charles Gantikan Ratu Elizabeth II yang Telah Meninggal

Berkat kecintaannya akan dunia seni, Kartolo Cs bergerak membentuk sebuah grup kesenian karawitan bernama Sawunggaling Surabaya. Grup ini selalu berhasil mengocok perut masyarakat dengan permainan perannya yang unik.

Pada tahun 2019, Cak Kartolo dan Cak Sapari semakin dikenal oleh publik, setelah perannya dalam film garapan Bayu Skak, Yowis Ben. Ia memainkan peran sebagai pelanggan warung pecel. Tak hanya itu, ternyata Cak Sapari juga terlibat dalam program Yowis Ben the series.

Meski harus menjalani perawatan di rumah sakit, semangat berkesenian Sapari tak pudar. Bahkan menurut Wakil Wali Kota Surabaya itu, berkali-kali Cak Sapari naik pentas bersama Kartolo demi melestarikan kesenian Ludruk.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x