Kompas TV entertainment selebriti

Lakukan Kekerasan ke Kru Perempuan, Andibachtiar Yusuf Dipecat dari IFDC dan Diminta Lakukan Asesmen

Kompas.tv - 2 September 2022, 05:45 WIB
lakukan-kekerasan-ke-kru-perempuan-andibachtiar-yusuf-dipecat-dari-ifdc-dan-diminta-lakukan-asesmen
Andibachtiar Yusuf, sosok sutradara terganteng yang disebut lakukan kekerasan ke kru perempuan kini dipecat dari Indonesian Film Directors Club (IFDC) . (Sumber: Instagram/@andibachtiar)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Indonesian Film Directors Club (IFDC) memecat Andibachtiar Yusuf dari keanggotaan, buntut tindakan kekerasan yang dilakukan ‘sutradara terganteng’ itu terhadap kru perempuan.

Dalam keterangan yang juga dibagikan di akun Instagram resminya, IFDC sudah melakukan penilaian secara menyeluruh terhadap kasus yang bermula ramai dari akun Instagram @juandini.

“Kami menyatakan telah mengeluarkan saudara Andibachtiar Yusuf dari keanggotaan IFDC,” demikian pernyataan dari IFDC, Kamis (1/9/2022).

Baca Juga: Soal Sutradara yang Lakukan Kekerasan ke Kru Perempuan, Ernest Prakasa Bakal Spill Nama?

IFDC juga menyarankan Andibachtiar Yusuf untuk melakukan asesmen psikologi diri dan konseling di lembaga seperti Yayasan Pulih.

Lebih lanjut, pihak asosiasi sutradara film ini juga menyarankan kepada semua pihak untuk berpihak pada korban, mendampingi keputusan korban, dan memenuhi tanggung jawab atas profesinya dalam proses kerja.

Apabila di kemudian hari terdapat kasus kekerasan yang dilakukan oleh anggota IFDC, maka pihak asosiasi akan menerima aduan.

“Untuk ke depannya, bila ada anggota IFDC yang melakukan kekerasan, silakan berikan aduan melalui DM Instagram @ifdclub,” pungkasnya.

Baca Juga: Ramai Sutradara Terganteng Tampar dan Dorong Kru Perempuan, Paragon Pictures Putus Hubungan Kerja

Seperti diberitakan sebelumnya, Andibachtiar Yusuf disebut sebagai sosok ‘sutradara terganteng’ yang melakukan kekerasan terhadap kru perempuan.

Dalam Instagram Story @juandini yang kini beredar luas di media sosial, Yusuf disebut menampar dan mendorong kru tersebut, serta melontarkan kata-kata kasar di hadapan kru lain.

Juandidi bercerita bahwa sutradara tersebut memprotes baju yang digunakan oleh pemeran di salah satu scene. Kru perempuan tersebut bilang bahwa baju tersebut sudah dipilihkan oleh tim wardrobe.

Dia masih ga terima, nanya lagi kenapa bajunya begini gue ga suka sambil marah2, ya telco gue bilang ga tahu itu dari wardrobe-nya, langsung lah DITAMPAR LALU DIDORONG!!!,” tulis Juandini, Rabu (31/8/2022).

Baca Juga: Baim Wong Ungkap Alasan Cari Alamat Bocah Berambut Penuh Kutu: supaya Influence-nya ke Banyak Orang

Rumah produksi Paragon Pictures juga telah memberikan pernyataannya terkait kasus ini, di mana pihaknya memutuskan hubungan kerja dengan sutradara tersebut.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x