Kompas TV entertainment lifestyle

Inovatif, Segar, dan Terbuka, Jadi Konsep Art Jakarta Gardens 2022

Kompas.tv - 12 April 2022, 20:15 WIB
inovatif-segar-dan-terbuka-jadi-konsep-art-jakarta-gardens-2022
Ilustrasi konsep inovatif, segar, dan terbuka dari pameran seni rupa Art Jakarta Gardens yang berlangsung di Hutan Kota by Plataran, Jakarta, selama delapan hari, 7-14 April 2022. (Sumber: artjakarta.com)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pekan seni rupa berskala internasional, Art Jakarta, kembali hadir pada tahun ini dengan mengusung konsep 'Art Jakarta Gardens'.

Agar konsep yang inovatif, segar, dan terbuka itu semakin terasa, Art Jakarta Gardens pun melangsungkan pamerannya di Hutan Kota by Plataran, Jakarta, selama delapan hari, 7-14 April 2022.

Direktur Artistik Art Jakarta Enin Supriyanto menjelaskan, salah satu implementasi konsep segar dan inovatif tersebut adalah dengan memadukan presentasi karya seni di dalam serta luar ruangan.

"Pameran di ruang terbuka dapat lebih mengakomodasi karya patung atau karya seni rupa tiga dimensi lainnya," terang Enin dalam siaran pers yang diterima KOMPAS.TV, Selasa (12/4/2022).

Baca Juga: Pameran NFT Terbesar di Indonesia Ada di Yogyakarta, Cek Jadwalnya

Salah satu instalasi pameran karya seni di Art Jakarta Gardens. (Sumber: Art Jakarta)

"Selama ini, umumnya pameran dalam ruang lebih banyak memberi sorotan pada lukisan atau karya dwimatra (dua dimensi, red) saja," sambungnya.

Adapun beragam patung yang hadir di Art Jakarta Gardens merupakan karya dari seniman seperti I Nyoman Nuarta, Dolorosa Sinaga, Nus Salomo, dan Sunaryo.

Selain itu, ada pula seniman mancanegara yang turut tampil di Art Jakarta Gardens kali ini, misalnya Ashley Bickerton serta Dusadee Huntrakul.

Lebih lanjut, Art Jakarta Gardens juga berkolaborasi dengan sejumlah mitra, seperti Credit Suisse dan Tumurun Private Museum.

Baca Juga: Pameran Lukisan dan Peluncuran Buku Djoko Pekik

Salah satu titik display lukisan di Art Jakarta Gardens. (Sumber: Art Jakarta)

Pemilik Tumurun Private Museum Iwan K. Lukminto pun mengaku bangga dapat bekerja sama dengan Art Jakarta Gardens, mengingat kedua pihak memiliki visi dan misi yang sama.

"Kami sangat bersemangat untuk Art Jakarta yang terus berinovasi dan berkreasi dalam menghadirkan acara seni rupa," ungkap Iwan.

"Dengan visi dan misi yang sama untuk mempromosikan seni rupa kontemporer Indonesia di mata dunia, menjadikannya sebagai salah satu acara seni rupa terpenting di Indonesia," imbuhnya.

Adapun dengan menggandeng Bartega Studio, Art Jakarta Gardens juga menyajikan lokakarya seni rupa bagi pengunjung yang berminat.

Terakhir, hal yang tak kalah menarik dari Art Jakarta Gardens adalah pameran NFT sebagai salah satu respon dari maraknya seni rupa digital dan teknologi blockchain belakangan ini.

Bersama Solana, mitra yang sudah berkecimpung di bidang tersebut, Art Jakarta Gardens berharap pameran NFT yang digelarnya dapat mengedukasi publik soal karya seni baru itu.



Sumber : Art Jakarta


BERITA LAINNYA



Close Ads x