Kompas TV entertainment selebriti

Didiagnosis Aphasia, Bruce Willis Mundur dari Dunia Akting

Kompas.tv - 31 Maret 2022, 17:05 WIB
didiagnosis-aphasia-bruce-willis-mundur-dari-dunia-akting
Bruce Willis mundur dari dunia akting setelah didiagnosis mengidap aphasia. (Sumber: Instagram/@dobledebruce)
Penulis : Dian Septina | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Aktor Bruce Willis memutuskan mundur dari dunia akting setelah didiagnosis mengidap aphasia atau afasia. Keputusan itu diungkapkan pihak keluarga Bruce Willis melalui Instagram putri Bruce Willis, Rumer.

Rumer Willis mengatakan, pemeran film Die Hard 67 tahun tersebut telah mengalami beberapa masalah kesehatan sehingga memengaruhi kemampuan kognitifnya.

"Kepada pendukung Bruce yang luar biasa, sebagai sebuah keluarga, kami ingin berbagi bahwa Bruce tercinta telah mengalami beberapa masalah kesehatan dan baru-baru ini didiagnosis menderita afasia, yang memengaruhi kemampuan kognitifnya," bunyi keterangan tersebut.

“Sebagai hasil dari ini dan dengan banyak pertimbangan, Bruce memutuskan untuk menjauh dari karier yang sangat berarti baginya,” sambung keterangan tersebut.

Baca Juga: Taylor Hawkins Meninggal, Foo Fighters Batal Tampil di Brasil

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Rumer Willis (@rumerwillis)

Dikutip dari Mayo Clinic, penyakit aphasia biasanya terjadi tiba-tiba setelah stroke atau cedera kepala.

Disebutkan pula, orang dengan aphasia mengalami perubahan dalam kemampuan mereka untuk berkomunikasi.

Selain itu, aphasia juga dapat terjadi secara bertahap "dari tumor otak yang tumbuh lambat atau penyakit yang menyebabkan kerusakan permanen dan progresif". Aphasia juga disebut merupakan tanda kondisi kesehatan lain, seperti stroke atau tumor otak.

Baca Juga: Studi Ungkap Sayuran Okra Bantu Turunkan Gula Darah, Begini Cara Mengolahnya

Penderita aphasia disebut mengalami sejumlah gejala, di antaranya berbicara dalam kalimat pendek atau tidak lengkap, berbicara dalam kalimat yang tidak masuk akal, dan kerap mengganti satu kata dengan kata lain atau satu suara dengan suara lain. Kata-kata yang diucapkan penderita aphasia juga tak dapat dikenali. Selain itu, pengidap aphasia juga tak mengerti pembicaraan orang lain dan kerap menulis kalimat yang tak masuk akal. 

Diketahui, Bruce Willis memulai kariernya di dunia akting pada tahun 1980-an di film The Verdict. Namanya mulai dikenal banyak orang setelah membintangi film franchise Die Hard yang pertama rilis tahun 1988. Di film itu, ia berperan sebagai John McClane.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x