Kompas TV entertainment film

Gegara Invasi ke Ukraina, 5 Film Tunda Tayang di Rusia

Kompas.tv - 3 Maret 2022, 08:57 WIB
gegara-invasi-ke-ukraina-5-film-tunda-tayang-di-rusia
FIlm The Batman tayang di bioskop 2 Maret 2022 (Sumber: Instagram/@thebatman)
Penulis : Dian Septina | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sejumlah rumah produksi memilih untuk menunda penayangan film-film terbaru mereka di Rusia. Keputusan itu diambil setelah Rusia resmi menginvasi Ukraina sejak Kamis (24/2/2022).

Rumah produksi yang menunda penayangan filmnya yaitu The Walt Disney Company, Warner Bros, dan Sony Pictures, Paramount Pictures, dan Universal Pictures.

1. Turning Red

The Walt Disney Company menjadi yang pertama mengumumkan penundaan semua perilisan film di Rusia. Film terbaru mereka adalah ‘Turning Red’. Film animasi tersebut mendapatkan jadwal tayang di Rusia pada 10 Maret.

2. The Batman

Warner Bros ikut mengumumkan penundaan penayangan film ‘The Batman’ di Rusia. Adapun film yang disutradarai Matt Reeves itu dijadwalkan tayang pada 5 Maret di sana.

Pihak Warner Bros. tidak menutup kemungkinan film The Batman akan tayang kembali di Rusia asalkan situasi dan kondisi sudah kembali normal.

Baca Juga: Warner Bros dan Disney Beri Sanksi ke Rusia, Tangguhkan Rilis Film termasuk The Batman

3. The Lost City

Rumah produksi berikutnya yang ikut menangguhkan perilisan film-film terbarunya di Rusia atas konflik yang terjadi di Ukraina yaitu Paramount Pictures.

“Saat kami menyaksikan tragedi yang sedang berlangsung di Ukraina, kami telah memutuskan untuk menghentikan rilis teatrikal film-film kami yang akan datang di Rusia,” kata juru bicara studio dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Variety, Rabu (2/3/2022).

Film ‘The Lost City’ dibintangi Sandra Bullock berperan sebagai seorang penulis. Ia mengetahui bahwa kota fiksi yang selama ini ditulis sesungguhnya ada di dunia nyata.

4. Sonic the Hedgehog 2

Film Sonic the Hedgehog (Sumber: Paramount Pictures)

Selain ‘The Lost City’, Paramount Pictures juga menunda penayangan ‘Sonic the Hedgehog 2’ di Rusia. Mereka menegaskan selalu mengutamakan kemanusiaan sekaligus selalu memantau situasi yang terjadi.

Kami mendukung semua yang terkena dampak krisis kemanusiaan di seluruh Ukraina, Rusia, dan pasar internasional kami dan akan terus memantau situasi saat ini terjadi,” kata Paramount Pictures.

5. Morbius

Jared Leto dalam adegan film Morbius (Sumber: IMDb)

Sony Pictures menjadi rumah produksi kelima yang mengumumkan bakal menunda penayangan beberapa film di Rusia. Salah satu film terbaru produksi mereka adalah ‘Morbius’. Keputusan itu diumumkan pada Senin (28/2/2022) malam waktu setempat.

Film Morbius sendiri mengalami perubahan jadwal tayang  dari 28 Januari 2022 menjadi 1 April 2022.

Baca Juga: Sinopsis Uncharted, Misi Tom Holland dan Mark Wahlberg Mencari Harta Karun

Saat ini, beberapa judul film yang telah tayang perdana di Rusia, termasuk Uncharted dan Death on the Nile, akan terus diputar di sana hingga akhir periode lisensi yang disepakati.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x