Kompas TV entertainment selebriti

Dua Lipa Digugat Band Raggae Florida, Lagu 'Levitating' Dituding Plagiat

Kompas.tv - 2 Maret 2022, 11:30 WIB
dua-lipa-digugat-band-raggae-florida-lagu-levitating-dituding-plagiat
Penyanyi Dua Lipa (Sumber: -)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penyanyi Dua Lipa didugat terkait kasus pelanggaran hak cipta oleh band raggae asal Florida, Artikal Sound System pada Senin (1/3/2022) waktu Amerika Serikat.

Lagu Dua Lipa "Levitating" dalam album "Future Nostalgia" yang dirilis tahun 2020 dituding plagiat dari lagu band raggae asal Florida yang kurang dikenal.

Dalam gugatan yang diajukan di pengadilan federal Los Angeles, Artikal Sound System mengklaim bahwa "Levitating" milik Dua Lipa memplagiat lagu "Live Your Life", seperti yang dilaporkan Billboard.

Sebagian besar gugatan tersebut memuat bahwa Dua Lipa melakukan pelanggaran hak cipta, dengan sedikit detail tentang bagaimana atau mengapa Lipa diduga menyalin lagu tersebut.

Baca Juga: Bukan Dua Lipa, Inilah Pacar Trent Alexander Arnold yang Misterius

"Sangat tidak mungkin 'Levitating' dibuat secara independen," bunyi keterangan dalam dokumen tersebut.

Artikal Sound System juga mengklaim bahwa kedua lagu itu sangat mirip dan Dua Lipa dinilai telah mendengar lagu "Live Your Life" sebelumnya sehingga memberinya kemampuan untuk menyalin.

Namun dalam dokumen gugatan tersebut tidak menjelaskan secara pasti mengapa Artikal Sound System menganggap bahwa Dua Lipa mendengar lagu mereka.

Gugatan tersebut juga dilayangkan untuk Warner Records, serta orang yang membantu menciptakan lagu "Levitating".

Baca Juga: CL Gabung Tap Music Amerika, Satu Label dengan Dua Lipa dan Lana Del Rey

"Levitating" merupakan salah satu lagu hit Dua Lipa yang menempati No. 2 di Hot 100 dan berhasil menjadi lagu top 10 terlama yang pernah ada oleh artis wanita.

Sementara itu, Artikal Sound System adalah band reggae yang berbasis di Florida Selatan, didirikan pada tahun 2012 sebagai duo sebelum kemudian menambahkan musisi dan vokalis tambahan Logan Rex. Band ini merilis “Live Your Life” pada EP Smoke and Mirrors tahun 2017.

 



Sumber : Billboard


BERITA LAINNYA



Close Ads x