Kompas TV entertainment selebriti

Bintang Gatotkaca Disebut Mirip Captain Marvel, Hanung: Simbol Itu Ciri Khas Sejak Lama

Kompas.tv - 24 Februari 2022, 11:41 WIB
bintang-gatotkaca-disebut-mirip-captain-marvel-hanung-simbol-itu-ciri-khas-sejak-lama
Sutradara Film Gatotkaca, Hanung Bramantyo (Sumber: tribunnews.com )
Penulis : Dian Septina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sutradara film Satria Dewa: Gatotkaca, Hanung Bramantyo,  memberi tanggapan mengenai simbol bintang yang tersemat pada pakaian Gatotkaca.

Kata Hanung, simbol bintang telah menjadi ciri khas tokoh wayang itu sejak lama dan bukan eksklusif milik Marvel.

Sebelumnya, di media sosial Twitter ramai soal pembahasan bintang di dada Gatotkaca yang dinilai mirip dengan Captain Marvel.

Hanung Bramantyo menegaskan pihaknya hanya mereproduksi apa yang sudah dimiliki oleh karakter Gatotkaca dalam pewayangan.

"Buat saya, fans-nya Marvel boleh saja mengklaim bahwa itu adalah logonya Marvel. Tetapi yang namanya bintang itu bisa milik siapapun. Apalagi pada saat saya membuat film 'Gatotkaca', bintang itu sudah menjadi simbolnya Gatotkaca. Umurnya sudah lama sekali," kata Hanung dikutip dari ANTARA, Rabu (23/2/2022).

Baca Juga: Film Satria Dewa Gatotkaca Siap Guncang Layar Lebar, Ini Teaser dan Bocoran Pemainnya

Setidaknya ada tiga ciri Gatotkaca yang juga dimasukkannya ke dalam film ini, yaitu kumis, sayap (yang diberi nama antakusuma), dan terakhir bintang.

Menurut Hanung, dirinya bersama Dewa Satria Studio tidak menghilangkan ketiga ciri khas tersebut.

"Kami memutuskan untuk menggunakan bintang segi delapan. Tapi bahwa bintang itu mengambil dari Captain Marvel atau dari apa, tidak. Kami memang menggunakan simbolnya Gatotkaca,” jelas Hanung.

“Takutnya kalau kami menghilangkan itu, identitas Gatotkacanya hilang dan saya diprotes sama fans-nya wayang Gatotkaca," lanjutnya.

Baca Juga: Siap Tayang, Film Satria Dewa Gatotkaca Besutan Hanung Bakal Bagi-Bagi Hadiah Ratusan Juta!

Bagi Hanung, seni wayang bukan sekadar dilihat dari bentuknya saja, melainkan yang lebih penting adalah nilai-nilai kehidupan manusia yang tecermin di dalamnya, termasuk tentang bagaimana hubungan antartokoh wayang.

Ia berharap nantinya film "Satria Dewa: Gatotkaca" menjadi kebanggaan tersendiri bagi Indonesia. Harapan tersebut, menurutnya, juga paling tidak tersimpan dalam benak pecinta Marvel dan DC.



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x