Kompas TV entertainment selebriti

Dituding Plagiat Puisi Charles Bukowski, Pamungkas Ganti Lirik Lagu Birdy

Kompas.tv - 9 Februari 2022, 19:27 WIB
dituding-plagiat-puisi-charles-bukowski-pamungkas-ganti-lirik-lagu-birdy
Musisi Pamungkas. (Sumber: Instagram)
Penulis : Dian Septina | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Musisi Pamungkas mengganti lirik lagu “Birdy” dan merilis ulang di kanal YouTube-nya usai dituding sebagai hasil plagiat karya penyair asal Amerika Serikat, Charles Bukowski yang berjudul “Bluebird”.

Tudingan tersebut mulanya diungkap oleh Hamzah Muhammad yang merupakan seorang pegiat puisi di Twitter. Ia menyebut Pamungkas telah melakukan plagiarisme alias penjiplakan lagi.

Baca Juga: Kisah Pamungkas Lagunya Kerap Ditolak Label hingga Tenar Berkat To The Bone

Setelah itu, Pamungkas akhirnya mengubah lirik lagunya. Lirik “Birdy” kali ini terdengar sangat berbeda dari yang sebelumnya.

Perbedaan tersebut ada sejak awal lagu itu dilantunkan. Pamungkas pun hampir mengubah seluruh lirik lagu Birdy.

Di kolom komentar YouTube-nya, banyak warganet yang menyadari pergantian lirik tersebut dan memberi semangat untuk Pamungkas.

Keep doing a great job mas. anything happen yesterday, make it a lesson for tomorrow n later, Mas,” tulis salah satu warganet.

"Tetap keren Mas Pam! Tetap semangat bikin musik. Just don't quit you're did great," lanjut yang lainnya.

Baca Juga: Pamungkas Minta Maaf Soal Artwork Luar Negeri Dipakai Tanpa Izin

Ini bukan kali pertama Pamungkas tersandung kasus plagiarisme. Pada 2021, Pamungkas pernah diduga menjiplak karya seni seniman Prancis Baptiste Virot untuk cover mini albumnya, Solipsism 0.2.

Setelah ramai, Pamungkas meminta maaf lewat media sosial label musiknya. Dalam pernyataannya, penyanyi berusia 28 tahun itu mengaku telah menyelesaikan masalah itu dengan Baptiste Virot dan membeli hak cipta karya seni tersebut.

"Kami sudah membeli hak ciptanya dan sekarang urusan sudah selesai. Saya mau berterima kasih kepadanya karena sudah sangat mengerti, terbuka, dan mudah diajak kerja sama. Saya sangat bersyukur," kata Pamungkas saat itu.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x