Kompas TV entertainment lifestyle

Cara Membuat Salad Buah ala Dosen IPB: Membantu Program Diet dan Mineral Tubuh Tercukupi

Kompas.tv - 17 Desember 2021, 06:10 WIB
cara-membuat-salad-buah-ala-dosen-ipb-membantu-program-diet-dan-mineral-tubuh-tercukupi
Ilustrasi salad buah. (Sumber: Unsplash/Brooke Lark)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Salad buah menjadi salah satu makanan yang menyehatkan. Terdapat banyak manfaat bisa didapatkan ketika mengonsumsi makanan dengan bahan utama buah-buahan ini. Seperti mencukupi kebutuhan mineral, untuk membantu program diet, menambah produksi sel darah, dan banyak lainnya.

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika ingin membuat salad buah. Tentukan porsi yang ingin dimakan, jangan sampai banyak memotong buah dan nantinya menjadi mubazir. Jika ada buah yang kelebihan, Anda bisa menyimpannya lagi di kulkas untuk mencegah proses oksidasi.

Baca Juga: Wah! Nikmatnya Asam Manis Salad Buah Kekinian

Anda juga bisa menambahkan saos mayones atau keju untuk memperkaya cita rasa salad buah. Tentu penambahan saus adalah permasalahan selera, ada mengonsumsi salad buah dengan dan tanpa saus.

Melansir Kompas.com, Rabu (16/12/2021) dosen dari Institut Pertanian Bogor memberikan tips untuk membuat salad buah yang sehat.

Tips Salad Buah Enak ala Dosen IPB

Dosen Departemen Gizi Masyarakat IPB Eny Palupi menyarankan buah harus dalam keadaan kering sebelum dipotong untuk dijadikan salad. Buah yang basah, tuturnya akan mengurangi tingkat kesegaran dan membuat saus menjadi cepat basi.

Pastikan juga buah yang sudah dibelah atau dikupas untuk segera dikonsumsi. Eny mengatakan buah memiliki enzim polifenol oksidase yang akan aktif jika terkena oksigen dan membuatnya menjadi cokelat.

"Akhirnya (oksigen) mengoksidasi senyawa fenolik di dalam buah-buahan dan menghasilkan senyawa fenol. Akhirnya terjadi reaksi polimerisasi dan menghasilkan warna cokelat pada buah," tuturnya dalam YouTube IPB TV.

Baca Juga: Dosen IPB Bagikan Tips Masak Nasi Putih Rendah Gula, Ini Caranya

Terkait apa buah yang cocok dijadikan salad, Eny mengatakan hampir semua buah bisa dimanfaatkan. Anda bisa mengombinasikan buah dengan mempertimbangkan warna atau rasa yang menarik.

"Hal lain yang perlu diperhatikan saat pemberian saus pada salad buah. Sebaiknya mencampurkan buah dengan saus saat akan mengonsumsinya untuk menghindari buah yang mudah berair dan menjadi layu," lanjutnya.

Untuk menyimpan salad buah, Eny menyarankan memasukkannya ke dalam kulkas. Pastikan wadah tertutup rapat dan suhu di dalam kulkas dingin untuk mencegah tumbuhnya bakteri pada makanan tersimpan itu.

Baca Juga: Salad Udang Sayuran, Menu Untuk Berbuka

 



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x