Kompas TV entertainment musik

Spotify dan Kakao M Perbarui Kerjasama, Ratusan Lagu K-Pop yang Hilang Telah Kembali

Kompas.tv - 11 Maret 2021, 12:29 WIB
spotify-dan-kakao-m-perbarui-kerjasama-ratusan-lagu-k-pop-yang-hilang-telah-kembali
Spotify. (Sumber: Pexels/cottonbro)
Penulis : Dian Septina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kakao M dan platform musik Spotify telah mengumumkan pembaruan perjanjian lisensi mereka.

Sebelumnya pada 1 Maret lalu, ratusan lagu K-pop menghilang dari Spotify setelah perjanjian lisensi global antara Spotify dan Kakao M berakhir.

"Kedua perusahaan telah menyelesaikan diskusi tentang pembaruan kontrak lisensi global mereka. Hasilnya, konten Kakao M akan tersedia di platform Spotify di seluruh dunia," pernyataan resmi Spotify dan Kakao M dilansir dari Soompi, Kamis (11/3/2021).

Baca Juga: Spotify Hapus Ratusan Lagu K-pop Setelah Gagal Perpanjang Lisensi, Ini Daftar Artis yang Terpengaruh

Pihak dari Spotify menyatakan, musik-musik dari Kakao M akan tersedia lagi di Spotify untuk penggemar global dan lebih dari 345 juta pendengar di 170 negara seluruh dunia.

Sejalan dengan misi Spotify untuk menghubungkan artis dengan penggemar di seluruh dunia dan menampilkan musik dari seluruh dunia kepada pengguna, perusahaan senang dapat menjangkau pendengar Korea.

"Menjadi misi Spotify menghubungkan artis dengan penggemar di seluruh dunia dan menampilkan musik dari seluruh dunia kepada pengguna kami. Kami senang dapat menjangkau pendengar Korea dengan koleksi lebih dari 70 juta lagu dan lebih dari 4 miliar playlist," ungkap pihak Spotify.

Baca Juga: Ratusan Lagu K-pop Dihapus, Ini Penjelasan Spotify

Kakao M menyatakan akan terus melakukan yang terbaik untuk melindungi hak cipta karya musisinya, serta menciptakan ekosistem kreatif yang stabil untuk industri musik Korea.

Kakao M merupakan perusahaan yang turut mendistribusikan musik dari banyak artis K-pop seperti MAMAMOO, SEVENTEEN, IU, MONSTA X, GFriend, The Boyz, LOONA, Sunmi, (G)I-DLE, BTOB, Apink, P1 Harmony, Dreamcatcher, Epik High, SISTAR, CRAVITY, Cosmic Girls, dan masih banyak lagi.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x