Kompas TV entertainment lifestyle

Mau Ganti Kampas Rem? Pakai yang Asli, Jangan yang Palsu

Kompas.tv - 13 November 2020, 20:47 WIB
mau-ganti-kampas-rem-pakai-yang-asli-jangan-yang-palsu
Kampas rem motor. (Sumber: KompasTV/CHRISTANDI DIMAS)
Penulis : Christandi Dimas

KOMPAS.TV - Bagi kamu pengendara motor atau mobil, apalagi yang sudah bertahun-tahun, pasti familiar dengan gonta-ganti kampas rem.

Tapi ternyata, ganti kampas rem itu disarankan jangan sembarang pakai, sebisa mungkin beli yang asli.

Baca Juga: Advokat Tanyakan Laporan Tentang Rizieq Shihab, Temui Polisi

Suku cadang kendaraan yang beredar di pasaran selama ini terdiri dari berbagai kualitas, mulai dari kualitas asli, palsu atau kw, maupun sparepart buatan luar pabrikan atau yang dikenal dengan sebutan  aftermarket.

Dari beberapa kualitas tersebut, yang paling direkomendasikan adalah penggunaan suku cadang dengan kualitas asli atau original, alias yang sama dengan yang dipakai terpasang di kendaraanmu dari awal kamu beli.

Selain tingkat kepresisian tinggi, keawetan, serta kualitasnya jelas sudah diperhitungkan dengan sangat detail oleh pabrikan.

Sehingga saat menggunakan suku cadang atau spare parts asli kamu tidak perlu khawatir karena semuanya sudah terjamin dan sesuai dengan spesifikasi kendaraanmu.

Baca Juga: Sepekan Usai Operasi Otak, Maradona Keluar Rumah Sakit

Namun, sebaliknya jika menggunakan komponen yang palsu, maka akan berisiko bagi kendaraanmu dan bahkan diri kamu sendiri.

Risiko yang dimaksud meliputi tapi tidak dibatasi, di antaranya kepakeman rem yang tidak maksimal (bisa berbahaya saat di jalanan), pencet atau injak rem tidak seperti biasanya terasa, umur kampas rem yang pendek, dan malah bisa merusak komponen lain seperti cakram rem kendaraanmu.

Pun bila kamu tidak ingin beli suku cadang asli pabrikan dan lebih kepincut produk merek lain atau aftermarket karena ingin coba, milik brand ternama, atau harganya bersaing, pastikan kamu membeli yang asli buatan merek itu, jangan tertipu yang palsu atau kw ya.

Baca Juga: Hati-Hati Madu Palsu! Bisa Sebabkan Kematian

Jangan lewatkan streaming Kompas TV live 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live agar kamu semua tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia. Subscribe juga channel YouTube Kompas TV dan aktifkan lonceng supaya kamu dapat notifikasi video terbaru langsung.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x