Kompas TV entertainment musik

Paul McCartney Luncurkan Album Baru McCartney III Seluruhnya Dibuat Sendiri

Kompas.tv - 22 Oktober 2020, 16:59 WIB
paul-mccartney-luncurkan-album-baru-mccartney-iii-seluruhnya-dibuat-sendiri
(Sumber: @PaulMcCartney)
Penulis : Zaki Amrullah

LONDON,KOMPAS TV – Beberapa hari setelah menggoda publik dengan album baru di media sosial, Paul McCartney mengumumkan album barunya, McCartney III, yang akan hadir di pasaran pada 11 Desember 2020 melalui Capitol Records.

Ini adalah album lanjutan, dari debut solo self-titled-nya tahun 1970 dan McCartney II tahun 1980-an.  Album baru ini,  menampilkan McCartney yang memainkan semua instrumen; dia menulis, memainkan alat music, menyanyikan dan merekam setiap lagu di album McCartney III.

Situs Musik Rolling Stone melaporkan, album McCartney III direkam awal tahun ini di Sussex, Inggris.  Menggabungkan vokal, gitar, dan piano yang dimainkan langsung oleh McCartney, yang kemudian di overdub dengan bass dan drum.

Prosesnya dimulai ketika McCartney membuka kembali lagu "When Winter Comes,". Lagu tersebut belum pernah dirilis dan diproduseri bersama almarhum George Martin. Paul membuat bagian baru untuk lagu tersebut, yang akhirnya menjadi lagu pembuka berjudul "Long Tailed Winter Bird".

“Saya menjalani kehidupan ‘lockdown’ bersama keluarga di tanah pertanian saya, dan kegiatan saya hanyalah ke studio setiap hari,” tutur McCartney, “ lebih lanjut McCartney menuturkan,”Awalnya saya mengerjakan musik untuk sebuah film yang akhirnya menjadi musik pembuka. Saat musik tadi selesai, saya berpikir, setelah ini apa yang akan saya lakukan? – Saya punya materi yang saya kerjakan beberapa tahun terakhir, tapi terkadang kita kehabisan waktu sehingga hanya setengah jadi. Jadi saya mulai melihat kembali materi yang saya miliki.

“Setiap hari saya merekam dengan alat musik yang saya gunakan untuk menulis lagu dan kemudian saya menyusun semuanya; itu sangat menyenangkan,” tambahnya. “(Album) ini adalah tentang membuat musik untuk diri sendiri, daripada membuat musik sebagai pekerjaan. Jadi, saya bisa melakukan hal-hal yang saya sukai, dan saya tidak menyangka ini akan jadi album”.

(Sumber: @PaulMcCartney)

Foto sampul McCartney III dikerjakan oleh putri McCartney, Mary, serta keponakannya Sonny.  Album tersebut juga menampilkan foto dari ponsel McCartney.

Selain digital dan CD, McCartney III akan dicetak pada vinyl.  Third Man Records akan merilis vinyl 180 gram standar warna merah, terbatas hanya 3.000 copy dan edisi terbatas 333 copy yang dicetak pada vinyl kuning polkadot, yang terbuat dari 33 salinan vinyl daur ulang dari album McCartney dan McCartney II. 

Edisi yang akan diluncurkan di Amerika Serikat juga akan dirilis dalam bentuk vinyl putih, namun terbatas hanya 4.000 copy.

Album McCartney III adalah album solo ke 18 dari mantan anggota The Beatles ini, setelah terakhir menelurkan album Egypt Station tahun 2018.

Musim panas tahun lalu McCartney meluncurkan kembali album Flaming Pie yang sebelumnya terbit tahun 1997, dalam bentuk eksklusif yang berisi studio jam, mix, outtakes, dan banyak lagi materi tambahan. Bulan lalu untuk merayakan ulang tahun ke 80 almarhum John Lennon, McCartney diwawancarai Sean Lennon di Radio BBC2. ( Edwin S Bimo



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x