Kompas TV entertainment film

Tomita Kosei, Pengisi Suara Pertama Doraemon Meninggal Dunia

Kompas.tv - 5 Oktober 2020, 09:26 WIB
tomita-kosei-pengisi-suara-pertama-doraemon-meninggal-dunia
Doraemon (Sumber: kincir.com)
Penulis : Dian Septina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengisi suara pertama Doraemon, Tomita Kosei, meninggal dunia di usia 84 tahun. Dilansir Channel News Asia, kabar ini telah dikonfirmasi oleh pihak agensinya lewat sebuah pernyataan resmi.

"Rekan kami, Tomita Kosei meninggal dunia pada 27 September, di usia 84 tahun, karena stroke," berikut bunyi pernyataan tersebut.

Kosei merupakan pengisi suara pertama karakter Doraemon, kucing dari masa depan yang memiliki kantung ajaib. Ia pertama kali mengisi suara Doraemon pada 1973 silam.

Tomita Kosei hanya mengisi suara Doraemon untuk 13 episode hingga kemudian digantikan Masako Nozawa. Kala itu, banyak penggemar Doraemon yang murka karena kadung menyukai Kosei.

Aktor asal Tokyo ini kembali mengisi suara Doraemon. Namun kali ini untuk film bertajuk Doraemon: Nobita and the Castle of the Undersea Devil yang dirilis 1983 silam.

Selain Doraemon, Kosei juga menjadi pengisi suara di serial anime terkenal lainnya. Sebut saja Astro Boy, Detective Conan, serta film Hollywood Kung Fu Panda dan While You Were Sleeping untuk penonton Jepang.

Aktor suara ini pernah dianugerahi Penghargaan Merit di Penghargaan Seiyu ke-3 pada tahun 2009 di Teater UDX di Akihabara, Tokyo. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x