Kompas TV entertainment film

Berkaca dari Emmy Awards dan Oscar yang Sukses DIgelar di Tengah Pandemi

Kompas.tv - 3 Oktober 2020, 11:00 WIB
berkaca-dari-emmy-awards-dan-oscar-yang-sukses-digelar-di-tengah-pandemi
Piala Oscar (Sumber: www.oscars.org)
Penulis : Ade Indra Kusuma

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pandemi virus corona atau Covid-19 tak membuat Academy Awards (Oscar) dan Emmy Awards batal digelar, tetapi tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Melansir dari Vanityfair, Jumat (2/10/2020), yang dikutip Kompas.com, khusus untuk Emmy Awards berjalan secara virtual. Keberhasilan acara Emmy Awards tersebut dipuji karena kerumitan teknik dari berlangsungnya acara secara virtual.

Emmy Awards dipandu oleh Jimmy Kimmel dan terdapat tamu kejutan besar. Untuk pemotretan dilakukan jarak jauh dari berbagai nominasi dan pemenang. Berbeda dengan Oscars yang telah digelar sejak Februari 2020 lalu sebelum pandemi merebak.

Jika Anda melihat lebih dekat, Emmy sebenarnya tidak melakukan apa pun kecuali dengan kotak meriam confetti yang meledak. Namun semuanya berjalan masih tampak cukup rapi, hanya dengan pemberitahuan beberapa bulan. Tidak ada salahnya jika Schitt’s Creek menjadi pemenang kategori komedi, dan para krunya sedang mengadakan pesta kecil yang menyenangkan bersama di Toronto.

Selain itu, yang juga sangat membantu Emmy adalah banyak kategorinya yang melibatkan orang-orang terkenal.

Sebanyak 12 penghargaan dibagikan pada Minggu malam waktu setempat. Itu pun tiga kali lipat dari jumlah yang akan diberikan di Oscar pada April 2021 mendatang. Meski demikian penyelenggaraan Emmy tampaknya lebih disambut daripada menyaksikan editan atau sinematografer, desainer suara dari Oscar. Bagi AMPAS, sejarah panjang penyelenggaraan Oscar yang sarat dengan penghormatan, pertunjukan musik, dan komedi panjang atau seperti selfie selebriti.

Gelaran Emmy selama tiga jam pada Minggu, rupanya terasa lama. Jadi, seperti biasa, Oscar nantinya harus sadar akan durasi, sambil memberikan nilai hiburan yang cukup untuk membuat orang tetap menonton.

Tantangan nyata untuk Oscar, mungkin sesuatu yang lebih tak terlukiskan. Sementara Emmy sangat bergantung pada kemegahan dan kemewahan dengan orang-orang berpakaian mahal. Di sisi lain Oscar, perlu menunjukannya di tahun mendatang. Untuk tujuan itu, Oscar adalah pengingat tahunan tentang kekuatan film, dari pesona karpet merah hingga sensasi ikon bioskop yang saling bergesekan satu sama lain.

Apa yang paling penting dapat diperoleh dari Emmy, setidaknya, acara penghargaan ternyata dapat berjalan dalam keadaan saat ini.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x