Kompas TV entertainment lifestyle

Ingin Tidur Lebih Nyenyak? Coba Minum dan Makanan Ini!

Kompas.tv - 28 Agustus 2020, 20:43 WIB
ingin-tidur-lebih-nyenyak-coba-minum-dan-makanan-ini
Ilustrasi bekal makanan (Sumber: Thinkstockphotos)
Penulis : Sadryna Evanalia

JAKARTA, KOMPAS.TV - Susah tidur dan tak bisa tidur nyenyak di malam hari merupakan kondisi yang tidak diinginkan oleh sebagian besar orang.

Namun, cobalah mengkonsumsi makanan dan minuman ini yang bisa mempengaruhi kualitas tidur.

Dikutip dari Sleep Foundation ada 6 makanan dan minuman yang bisa dikonsumsi agar tidur kamu lebih nyenyak. Makanan dan minuman tersebut adalah:

Kiwi
Dalam sebuah peneltian, ditemukan bahwa orang yang mengkonsumsi dua kiwi satu jam sebelum tidur bisa tertidur dengan cepat. Selain itu dapat membuat kualitas tidur lebih baik. Hal ini dimungkinkan karena kiwi mengandung sifat antioksidan.

Ceri Merah dan Jus Ceri Merah
Dari sebuah penelitian, orang yang minum dua porsi satu cangkir jus ceri asam per hari ditemukan memiliki waktu tidur yang lebih banyak dan kualitas tidur yang lebih tinggi.

Manfaat ini mungkin berkaitan dengan fakta bahwa ceri asam memiliki konsentrasi melatonin di atas rata-rata. Melatonin merupakan hormon yang membantu mengatur ritme sirkadian dan meningkatkan kualitas tidur.

Kacang-Kacangan

Dalam uji klinis menggunakan suplemen, ditemukan bahwa kombinasi melatonin, magnesium, dan seng membantu orang dewasa dari insomnia mendapatkan tidur yang lebih baik.

Susu Malt

Sebuah penelitian kecil menemukan bahwa susu malt dapat mengurangi gangguan tidur. Susu sendiri mengandung melatonin.

Nasi

Studi tentang super karbohidrat dan tidur memiliki hasil yang beragam score keseluruhan, tetapi beberapa bukti menghubungkan konsumsi nasi dengan peningkatan kualitas tidur.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x