Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Jasa Marga Berikan Diskon 20% Tol Trans Jawa Selama Mudik Lebaran 2024

Kompas.tv - 1 April 2024, 10:53 WIB
jasa-marga-berikan-diskon-20-tol-trans-jawa-selama-mudik-lebaran-2024
Ilustrasi. Jalan Tol yang dikelola oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk (Sumber: Jasa Marga)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan potongan tarif tol 20 persen untuk rute Tol Trans Jawa dari Jakarta menuju Semarang, Jawa Tengah dan sebaliknya selama periode mudik dan balik Lebaran 2024. Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana, menjelaskan bahwa pemberlakuan diskon tarif tol ini berlaku untuk semua golongan kendaraan.

Potongan tarif tol 20 persen berlaku di jalan tol yang dikelola oleh Jasa Marga Group, meliputi Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Jalan Layang MBZ, Jalan Tol Palimanan-Kanci, Jalan Tol Batang-Semarang, dan Jalan Tol Semarang Seksi ABC.

Baca Juga: KCIC Mulai Periksa Kesesuaian Tiket dengan Identitas Penumpang Whoosh

"Potongan tarif ini merupakan bentuk pelayanan maksimal dari Jasa Marga yang sesuai prinsip Environment, Social and Governance (ESG) dan berharap dapat memberikan manfaat untuk masyarakat," kata Lisye dikutip dari Antara, Senin (1/4/2024).

Potongan tarif tol bertujuan untuk memaksimalkan distribusi lalu lintas dan menghindari penumpukan kendaraan pada tanggal-tanggal yang diprediksi menjadi puncak arus mudik dan balik.

Baca Juga: Cara dan Cek Lokasi Tukar Uang Baru Bank Indonesia Pakai Aplikasi PINTAR

Berdasarkan prediksi, puncak arus mudik akan terjadi pada H-4 atau Sabtu, 6 April 2024, dengan perkiraan 259 ribu kendaraan meninggalkan Jakarta. Sementara puncak arus balik diprediksi terjadi pada H+4 atau Senin, 15 April 2024, dengan perkiraan 300 ribu kendaraan kembali ke Jakarta.

Rincian Potongan Tarif Tol Selama Lebaran 2024

Secara teknis, potongan tarif tol 20 persen ini akan berlaku untuk semua golongan kendaraan yang berasal dari Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama menuju GT Kalikangkung pada periode arus mudik, yaitu mulai Rabu, 3 April 2024 pukul 05.00 WIB hingga Jumat, 5 April 2024 pukul 05.00 WIB.

Baca Juga: Liga 1 Dihentikan Demi Timnas Indonesia U23, Ini Janji Shin Tae-Yong di Piala Asia U23 2024

Sementara untuk arus balik, potongan tarif tol hanya berlaku untuk kendaraan yang berasal dari GT Kalikangkung menuju GT Cikampek Utama mulai Rabu, 17 April 2024 pukul 05.00 WIB hingga Jumat, 19 April 2024 pukul 05.00 WIB.


 

Lisye berharap potongan tarif tol ini dapat menarik minat dan menjadi acuan bagi masyarakat yang memiliki keleluasaan waktu lebih panjang, agar dapat mengatur waktu perjalanan mudik lebih awal dan perjalanan balik lebih akhir sehingga dapat memanfaatkan potongan tarif tol ini.

Baca Juga: Update Harga BBM Terbaru di SPBU Pertamina 1 April 2024: Pertalite, Pertamax, dan Solar

"Potongan tarif ini berlaku untuk pengguna jalan yang menggunakan uang elektronik. Untuk itu, kami imbau pengguna jalan dapat memastikan kesiapannya sebelum melakukan perjalanan, di antaranya dengan memastikan kecukupan saldo uang elektronik dan BBM, serta memastikan kondisi kendaraan maupun pengendaranya dalam kondisi yang optimal," pungkasnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x