Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Durasi Pembangunan Jembatan Gunung Puyuh di Tol Cisumdawu Pecahkan Rekor MURI

Kompas.tv - 26 Maret 2024, 00:30 WIB
durasi-pembangunan-jembatan-gunung-puyuh-di-tol-cisumdawu-pecahkan-rekor-muri
Komisaris Utama PT Girder Indonesia Fitria Yusuf menerima penghargaan MURI di Gedung Citra Marga, Jakarta, Jumat (22/3/2024). (Sumber: PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Girder Indonesia, anak perusahaan PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP), mencatat rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) atas penyelesaian proyek Jembatan Gunung Puyuh di Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), Jawa Barat, dalam waktu 45 hari.

Penghargaan tersebut secara langsung diserahkan kepada Komisaris Utama PT Girder Indonesia Fitria Yusuf di Gedung Citra Marga, Jumat (22/3/2024).

"Rekor MURI mengakui kecepatan PT Girder Indonesia dalam pembangunan jembatan, serta menegaskan dedikasi perusahaan terhadap kecepatan dan kualitas dalam konstruksi, tidak hanya sebagai pencapaian teknis yang luar biasa, tetapi juga sebagai kontribusi nyata bagi kemajuan infrastruktur di Indonesia." ucap Direktur Operasional MURI Ngadri.

Baca Juga: Simak, Berikut Daftar Link Perusahaan BUMN yang Gelar Mudik Gratis Lebaran 2024

Sementara Fitria mengapresiasi seluruh karyawan Girder Indonesia yang sudah bekerja keras dalam proyek tersebut.

"Penghargaan MURI ini merupakan sebuah penghargaan yang sangat membanggakan dan merupakan pengakuan atas hasil kerja keras kita semua," ungkapnya, dikutip dari keterangan tertulis.

Dia mengatakan pembangunan Jembatan Gunung Puyuh menggunakan metode pile slab yaitu metode pembangunan jembatan di atas permukaan berair seperti tepian sungai dan rawa dalam rangka penanganan daerah longsor.

Baca Juga: Pemkot Makassar-Kerajaan Arab Raih Rekor MURI Buka Puasa Sepanjang 2,1 Kilometer!

Proyek pembangunan Jembatan Gunung Puyuh dimulai pada Selasa, 28 Februari 2023 (28/2/2023) dan berhasil diselesaikan pada Jumat, 14 April 2023, dengan durasi pelaksanaan selama 45 hari kalender.

Jembatan tersebut telah difungsionalkan sejak Minggu, 16 April 2023 untuk memfasilitasi jalur mudik Lebaran tahun tersebut.

Jembatan Gunung Puyuh memiliki dimensi panjang 204,23 meter dan lebar 16,3 meter per jalur, yang terhubung secara terintegrasi dengan Jalan Tol Cikampek-Palimanan KM 152+200.

Baca Juga: Pecahkan Rekor Muri! Buka Puasa Sepanjang 2,1 Km Digelar di Pantai Losari Makassar

Jalan Tol tersebut merupakan bagian penting dari Tol Cisumdawu. Pada Selasa, 11 Juli 2023, Presiden Joko Widodo secara resmi meresmikan jalan tol tersebut.

PT Girder Indonesia berharap penghargaan MURI akan menginspirasi industri konstruksi untuk menghasilkan proyek-proyek yang inovatif di masa depan.

Prestasi ini diharapkan dapat menjadi kontribusi yang signifikan dari perusahaan terhadap pembangunan infrastruktur di Indonesia, memberikan manfaat langsung bagi masyarakat, dan menunjukkan komitmen yang kuat dari perusahaan terhadap keunggulan teknis serta pelayanan dalam industri konstruksi.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x