Kompas TV ekonomi keuangan

Cara Beli Investasi SR020, Tingkat Imbalan hingga 6,40 Persen per Tahun

Kompas.tv - 2 Maret 2024, 17:05 WIB
cara-beli-investasi-sr020-tingkat-imbalan-hingga-6-40-persen-per-tahun
Ilustrasi investasi (Sumber: Photo by Dylan Calluy on Unsplash)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Berikut cara beli instrumen investasi Sukuk Ritel (SR) seri SR020 yang sudah bisa dipesan oleh publik per tanggal 1 Maret 2024 lalu. 

Berdasarkan informasi dari laman resmi Kementerian Keuangan (Kemenkeu), masa penawaran investasi SR020 berlangsung pada 1-27 Maret 2024 yang bisa dibeli mulai dari nominal Rp 1 juta.

Jangka waktu atau tenor investasi ini terdapat dua jenis yaitu 3 tahun (SR020T3) dan 5 tahun (SR020T5).

Besaran kupon atau tingkat imbalan dari investasi SR020 ini pun telah ditetapkan. Untuk SR020T3, tingkat imbalan sebesar 6,30 persen dan untuk SR020T5 tingkat imbalanya 6,40 persen.

Lantas bagaimanakah cara membeli investasi Sukuk Ritel (SR) seri SR020?

Cara Beli Investasi Sukuk Ritel SR020

Anda dapat melakukan pemesanan instrumen investasi ini secara online melalui mitra distribusi (midis) resmi yang telah ditunjuk oleh pemerintah, dengan total 30 midis yang tersedia.

Baca Juga: Investasi Surat Utang Perdana 2024 di ORI 025

Cara membeli atau langkah-langkah berinvestasi Sukuk Ritel (SR) seri SR020 adalah sebagai berikut:

  • Akses laman https://www.djppr.kemenkeu.go.id/sukukritel, lalu pilih salah satu link platform elektronik mitra distribusi pembelian SBR
  • Registrasi melalui sistem elektronik mitra distribusi, dengan memasukkan informasi Single Investor Identification (SID), nomor rekening dana, dan nomor rekening surat berharga yang dimiliki
  • Pesan SR020 melalui sistem elektronik mitra distribusi dan tunggu sampai pemesanan terverifikasi
  • Anda akan memperoleh kode pembayaran melalui sistem elektronik mitra distribusi atau alamat email, dan lakukan penyetoran dana sesuai pemesanan
  • Pembayaran bisa dilakukan melalui teller, ATM, internet banking, maupun mobile banking dengan batas waktu tiga jam
  • Calon investor akan memperoleh NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) dan notifikasi completed order via sistem elektronik mitra distribusi maupun email yang sudah terdaftar
  • Lakukan konfirmasi, dan investor akan memperoleh bukti konfirmasi pemesanan SBN Ritel via sistem elektronik mitra distribusi dan email yang terdaftar.

Sukuk Ritel (SR) seri SR020 diterbitkan untuk memberikan alternatif investasi yang aman, menguntungkan, dan likuid bagi masyarakat secara luas. 

Instrumen investasi ini juga berperan dalam mendukung pemulihan ekonomi dan pengembangan pasar keuangan syariah. 

Selain itu, SR020 bertujuan untuk memperluas basis investor di pasar domestik dan memperkuat pasar modal Indonesia dengan mendorong transformasi masyarakat dari orientasi tabungan menjadi orientasi investasi.

Baca Juga: Realisasi Investasi 2023 Capai 101 Persen dari Target Awal, Total Rp 1,419 Triliun



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x