Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Cara Cek Bansos PKH Lewat HP, Bantuan Cair Rp600 Ribu, Klik cekbansos.kemensos.go.id Februari 2024

Kompas.tv - 22 Februari 2024, 12:00 WIB
cara-cek-bansos-pkh-lewat-hp-bantuan-cair-rp600-ribu-klik-cekbansos-kemensos-go-id-februari-2024
Simak cara daftar bansos PKH dan cara cek nama penerima bantuan sosial tunai dengan login cekbansos.kemensos.go.id (Sumber: Website dtks.kemensos.go.id)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah Indonesia telah mengumumkan jadwal penyaluran tahap pertama bantuan sosial (bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) untuk tahun 2024, yang direncanakan akan dimulai pada bulan Januari hingga Maret ini.

Program ini dirancang untuk memberikan dukungan finansial kepada keluarga-keluarga yang memenuhi kriteria tertentu, dengan tujuan utama untuk meningkatkan kesejahteraan sosial dan ekonomi.

Bantuan sosial PKH tahun 2024 akan disalurkan kepada tujuh kategori penerima yang telah teridentifikasi, dengan pembayaran langsung melalui rekening Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Baca Juga: BLT Mitigasi Risiko Pangan Rp600 Ribu Februari 2024 Mulai Dicairkan, Cek Penerima di Cek Bansos

Cara Cek Bansos PKH Februari 2024

Untuk memastikan transparansi dan kemudahan akses informasi, pemerintah menyediakan portal cekbansos.kemensos.go.id.

Melalui situs ini, masyarakat dapat mengecek status penerimaan bansos PKH 2024 dengan menggunakan nomor KTP. Prosesnya sangat sederhana, cukup dengan memasukkan detail lokasi dan nama penerima manfaat sesuai KTP, serta mengikuti instruksi pengisian kode verifikasi yang ditampilkan.

Baca Juga: Simak, Begini Cara Daftar Bansos PKH 2024: Ibu Hamil Dapat Rp3 Juta

PKH menawarkan berbagai nominal bantuan yang disesuaikan dengan kebutuhan spesifik masing-masing kategori penerima, sebagai berikut:

  • Ibu hamil dan nifas akan menerima Rp750.000 per tahap, total hingga Rp3 juta setiap tahun.
  • Anak-anak usia dini atau balita juga mendapatkan Rp750.000 per tahap, dengan total tahunan Rp3 juta.
  • Lansia dan penyandang disabilitas masing-masing diberikan Rp600.000 per tahap, atau Rp2,4 juta per tahun.
  • Untuk anak-anak sekolah, bantuan disesuaikan berdasarkan jenjang pendidikan; SD mendapat Rp225.000, SMP Rp375.000, dan SMA Rp500.000 per tahap, dengan total tahunan masing-masing Rp900 ribu, Rp1,5 juta, dan Rp2 juta.

Baca Juga: Pencairan BLT Pengganti Rp600 Ribu, Simak Siapa Saja Penerimanya di cekbansos.kemensos.go.id

Selain bantuan regular, setiap keluarga penerima PKH juga berhak mendapatkan bantuan tetap tahunan, yaitu Rp550.000 untuk keluarga reguler dan Rp1.000.000 untuk keluarga dalam program PKH Akses.

Pencairan bantuan PKH akan dilakukan dalam empat tahap sepanjang tahun, dimulai dari Januari hingga Maret, April hingga Juni, Juli hingga September, dan berakhir pada Oktober hingga Desember.

Pemerintah menghimbau kepada masyarakat penerima untuk memeriksa secara berkala informasi terkini mengenai jadwal dan nominal bantuan melalui situs resmi yang telah disediakan.

Baca Juga: Bantuan Beras 10 Kg Mulai Digulirkan Lagi, Cek Penerimanya di Cekbansos.kemensos.go.id

Bagi masyarakat yang belum terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), dihimbau untuk melakukan pendaftaran mandiri di kantor desa setempat. Ini penting untuk memastikan bahwa mereka tercatat dalam sistem Kemensos dan berpotensi mendapatkan bantuan sosial.


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x