Kompas TV ekonomi keuangan

Simak, Berikut Link untuk Cek Daftar Penerima Bansos Beras 2024

Kompas.tv - 15 Februari 2024, 21:00 WIB
simak-berikut-link-untuk-cek-daftar-penerima-bansos-beras-2024
Ilustrasi bansos beras. (Sumber: Bulog)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bantuan sosial (bansos) berupa beras seberat 10 kilogram, yang sempat terhenti akibat proses Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, kembali dilanjutkan.

Langkah ini diambil sebagai respons terhadap lonjakan harga bahan pokok yang disebabkan oleh fenomena El Nino yang berdampak pada inflasi.

Bansos ini menjadi upaya konkret untuk merespons lonjakan harga akibat periode panas yang panjang, yang telah mempengaruhi kehidupan banyak orang. Dengan ditargetkan untuk 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM), kombinasi bantuan finansial sebesar Rp400.000 dan tambahan beras 10 kg telah dianggarkan sekitar Rp7,52 triliun dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Penyaluran bantuan ini, yang diutamakan melalui PT Pos Indonesia sejak Januari 2024, diharapkan akan berlanjut hingga bulan Juni 2024. Tujuannya adalah untuk memberikan dukungan berkelanjutan yang dapat disesuaikan dengan ketersediaan anggaran dalam APBN.

Baca Juga: TPS Unik Bernuansa Hari Kasih Sayang Semarakkan Pemilu 2024 di Kendari

Presiden Joko Widodo atau Jokowi juga telah mengisyaratkan bahwa program bantuan ini mungkin akan diperpanjang hingga bulan-bulan berikutnya, seperti April, Mei, dan Juni 2024. Namun, hal ini akan sangat tergantung pada situasi keuangan dan anggaran yang tersedia dalam APBN.

Langkah-langkah ini menunjukkan komitmen pemerintah dalam memberikan perlindungan sosial kepada masyarakat yang membutuhkan, terutama dalam menghadapi tantangan ekonomi yang diakibatkan oleh peristiwa alam seperti El Nino. Dengan adanya bantuan ini diharapkan dapat membantu meringankan beban ekonomi masyarakat yang terdampak.

"Yang paling penting Bapak Ibu, Januari, Februari, Maret, April, Mei, Juni diberikan bantuan (beras). Sementara sampai Juni, nanti kalau APBN kita hitung-hitung cukup, bisa dilanjutkan lagi," kata Jokowi, dikutip dari Kompas.com, Senin (29/1/2024).

Link Cara Cek Penerima Bansos Beras 2024

Untuk meninjau status penerimaan BLT El Nino dan bantuan beras, masyarakat dapat mengakses portal resmi Cek Bansos di alamat cekbansos.kemensos.go.id.

Dengan memasukkan informasi spesifik lokasi dan nama lengkap sesuai KTP, serta mengikuti proses verifikasi yang diberikan, individu dapat dengan mudah memverifikasi status penerimaan mereka.

Pengadaan BLT El Nino dan bantuan beras 10 kg merupakan upaya pemerintah dalam merespons dampak ekonomi dari El Nino.

Baca Juga: KAI Divre III Optimalisasi dan Penjagaan Aset Demi Kepentingan Negara


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x