Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Cara Cek Penerima Bansos Beras 10 Kg, Dibagikan Februari-Juni 2024, Simak Penyaluran Pakai HP!

Kompas.tv - 12 Februari 2024, 11:40 WIB
cara-cek-penerima-bansos-beras-10-kg-dibagikan-februari-juni-2024-simak-penyaluran-pakai-hp
Presiden Jokowi memberikan bantuan pangan cadangan beras pemerintah (CBP) di Gudang Bulog Klahang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Rabu (03/01/2024). Pemerintah melalui Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) dan Perum Bulog secara resmi telah memberhentikan sementara bantuan pangan beras menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. (Sumber: BPMI Setpres)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan rencana penyaluran bantuan sosial (bansos) berupa beras seberat 10 kilogram. Penyaluran ini disebut sebagai respons pemerintah terhadap kenaikan harga beras secara global dan bertujuan untuk meringankan beban ekonomi yang dirasakan masyarakat Indonesia.

Presiden Jokowi menyatakan bahwa bantuan ini akan disalurkan mulai Februari hingga Juni 2024, dengan potensi perpanjangan tergantung pada ketersediaan anggaran pemerintah.

Baca Juga: Bantuan Beras 10 Kg Disetop, Kenali Bedanya dengan Bansos PKH, BLT El Nino, BPNT, hingga Banpres

"Yang paling penting Bapak/Ibu, Januari, Februari, Maret, April, Mei, Juni diberikan bantuan (beras). Sementara sampai Juni, nanti kalau APBN kita itung-itung cukup, bisa dilanjutkan lagi," kata Jokowi, dikutip dari Kompas.com, Senin (29/1/2024).

Presiden Jokowi menekankan bahwa bantuan beras akan diberikan selama bulan Januari hingga Juni, dengan kemungkinan perpanjangan jika anggaran pemerintah memungkinkan.

Baca Juga: Simak Pencairan Bantuan PIP Enterprise Februari 2024, Bisa Lihat Lewat HP, Klik pip.kemdikbud.go.id

Kebijakan ini diambil sebagai upaya proaktif pemerintah dalam menghadapi tantangan ekonomi, terutama kenaikan harga beras yang dapat memberatkan masyarakat.

Meski demikian bantuan pangan beras ini akan disetop sementara pada 8 Februari hingga 14 Februari. Bantuan dilanjutkan pada 15 Februari 2024 mendatang.

Baca Juga: Polisi Salah Tangkap Penjual Keripik di Bogor, IPW Nilai Ada Kesalahan Prosedur

Cara Cek Penerima Bansos Beras 10 Kg

Untuk memudahkan masyarakat dalam mengetahui status mereka sebagai penerima bansos beras, pemerintah menyediakan situs cekbansos.kemensos.go.id.


 

Melalui situs ini, masyarakat dapat memeriksa apakah mereka termasuk dalam daftar penerima bansos dengan memasukkan data pribadi yang tertera pada KTP, termasuk nama lengkap dan mengisi kode captcha sebagai langkah keamanan. Informasi penerimaan bansos dapat diakses dengan mudah dan cepat melalui proses ini.

Baca Juga: Respons Ketua Bawaslu soal Viral Film Dokumenter ‘Dirty Vote’ Jelang Pemungutan Suara Pemilu 2024

Dengan adanya kenaikan harga beras di pasar global, bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat, khususnya mereka yang paling terdampak. Proses pengecekan penerima yang dapat dilakukan secara online dan distribusi yang diselenggarakan bersama PT Pos Indonesia.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x