Kompas TV ekonomi loker

Cara Cek Jurusan yang Dibutuhkan CPNS dan PPPK 2024 Fresh Graduate hingga Tenaga Ahli

Kompas.tv - 22 Januari 2024, 10:13 WIB
cara-cek-jurusan-yang-dibutuhkan-cpns-dan-pppk-2024-fresh-graduate-hingga-tenaga-ahli
Ilustrasi proses rekrutmen CPNS dan PPPK 2024 (Sumber: jabarprov.go.id)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah melalui Badan Kepegawaian Negara (BKN), telah mengumumkan rencana pembukaan seleksi untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada tahun 2024. Dengan alokasi sebanyak 2,3 juta formasi, kesempatan ini terbuka lebar bagi lulusan baru yang belum memiliki pengalaman kerja.

Baca Juga: Syarat Pendaftaran CPNS 2024 yang Akan Dibuka Maret, Ini Timeline Rekrutmen Sebanyak 3 Kali

Detail Formasi CPNS dan PPPK

Pembagian formasi terdiri atas dua sektor utama: instansi pusat dan daerah. Untuk instansi pusat, terdapat 429.183 formasi yang mencakup 207.247 CPNS dan 221.936 PPPK.

Formasi ini akan ditujukan untuk berbagai bidang seperti pendidikan, kesehatan, dan teknis. Sementara itu, instansi daerah menawarkan 483.575 formasi CPNS dan 1.383.758 PPPK, juga di berbagai bidang serupa.

Di era transformasi digital ini, pemerintah menekankan pentingnya merekrut talenta-talenta dengan kemampuan digital. Ini merupakan langkah strategis dalam mendorong efisiensi dan efektivitas birokrasi serta pelayanan publik.

Baca Juga: Resmi, Berikut Jadwal Pendaftaran CPNS 2024 yang Akan Dimulai Bulan Maret

Cara Cek Jurusan dan Formasi CPNS 2024

  1. Calon pelamar dapat mengecek formasi yang tersedia berdasarkan jurusan melalui laman resmi https://sscasn.bkn.go.id/.
  2. Pada halaman ASN Karier, pilih tingkat pendidikan Anda
  3. Kemudian pilih "Jurusan"
  4. Pilih “Instansi” (bersifat opsional)
  5. Pilih “Jenis Pengadaan CPNS atau PPPK” (bersifat opsional)
  6. Klik “Cari”
  7. Terakhir, formasi yang dibuka akan muncul sesuai jurusan masing-masing

Informasi ini akan tersedia setelah rekrutmen CASN resmi dibuka. Selain itu, informasi ini juga bisa diakses melalui website instansi yang bersangkutan.

Baca Juga: Pendaftaran CPNS 2024 Dibuka untuk Fresh Graduate, Ini Cara Cek Jurusan yang Dibutuhkan

Rekrutmen akan dilaksanakan dalam tiga periode sepanjang tahun 2024. Periode pertama dimulai pada minggu ketiga bulan Maret, periode kedua pada bulan Juni, dan periode ketiga pada bulan Agustus. Hal ini diumumkan oleh Plt. Kepala BKN, Haryomo Dwi Putranto, dalam pertemuan dengan Komisi II DPR RI.

“Untuk mengakomodir formasi tersebut, BKN melaksanakan seleksi CASN 2024 dilakukan sebanyak 3 periode,” kata Haryomo dikutip dari Kompas TV, Rabu (17/1/2024).

Dengan adanya kesempatan ini, para lulusan baru dan profesional di berbagai bidang memiliki peluang besar untuk berkontribusi dan mengembangkan karier di sektor pemerintahan.

Baca Juga: Pengumuman Pendaftaran CPNS 2024 dari BKN: Rekrutmen 3 Kali, Dibuka Maret, Ini Jadwalnya



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x