Kompas TV ekonomi loker

Jokowi Bakal Umumkan Rekrutmen CPNS Besar-besaran Awal Januari 2024, Diutamakan Fresh Graduate

Kompas.tv - 29 Desember 2023, 18:52 WIB
jokowi-bakal-umumkan-rekrutmen-cpns-besar-besaran-awal-januari-2024-diutamakan-fresh-graduate
Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas usai menghadap Presiden Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Jumat (29/12/2023). (Sumber: menpan.go.id)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal mengumumkan rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) besar-besaran pada awal Januari 2024.

Hal ini diungkapkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (PANRB) Azwar Anas dalam konferensi pers di di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (29/12/2023).

"Jadi jumlahnya saya belum bisa umumkan hari ini, karena nanti di bulan pertama, Januari minggu pertama, Presiden akan mengumumkan," kata Azwar Anas.

"Nanti ada kita akan menyelesaikan yang 1,6 juta PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja). Ini nanti akan kita beresin. Tentu nanti skenarionya disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah," ujarnya.

Lebih lanjut, MenPANRB mengungkapkan bahwa rekrutmen CPNS pada 2024 mendatang akan diutamakan bagi fresh graduate. Pasalnya, selama ini perekrutan yang dikhususkan untuk lulusan baru belum banyak dilakukan pemerintah.

"Selama ini belum ada rekrutmen (untuk fresh graduate) kecuali Kejaksaan kemarin, dan totalnya cukup besar tahun ini, jumlah detailnya nanti akan diumumkan oleh Bapak Presiden," terang Azwar Anas.

Baca Juga: Catat, Ini Jadwal Pengumuman Tes SKB CPNS 2023 dan Bobot Nilainya

Selain itu, nantinya fokus rekrutmen CPNS 2024 juga akan dilakukan untuk talenta digital. Hal ini guna mendukung digitalisasi pemerintahan yang lebih digalakkan pada tahun depan.

"Salah satu fokusnya di talenta-talenta digital karena kita banyak talenta digital yang diperlukan di daerah," tutur dia.

"Tetapi talenta digitalnya bukan marketing digital, seperti pinjaman online dan lain-lain, tapi lebih ke hulunya, misalnya digital di sektor pertanian," ucapnya.


Pada tahun ini, Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebelumnya juga telah membuka pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2023 bulan September lalu.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah menetapkan sebanyak 572.496 formasi PNS atau aparatur sipil negara (ASN) yang diperlukan.

Jumlah tersebut dibuka untuk 72 instansi pemerintah pusat sebanyak 78.862 ASN, dan pemerintah daerah sebanyak 493.634 ASN.

Rinciannya, untuk pemerintah pusat sebanyak 28.903 CPNS dan 49.959 PPPK. Sedangkan di pemerintah daerah dialokasikan khusus sebanyak 296.084 PPPK guru, 154.724 PPPK tenaga kesehatan dan 42.826 PPPK teknis. Saat ini, proses rekrutmen CPNS 2023 itu masih berlangsung dan selesai tahun depan.

Baca Juga: Kapan Pengumuman Kelulusan CPNS 2023? Simak Link dan Jadwal Terbarunya

 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x