Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Pakai HP Bisa Cek Penerima BLT El Nino Rp400 Ribu, Simak Pencairannya di Cek Bansos Kemensos

Kompas.tv - 15 Desember 2023, 13:00 WIB
pakai-hp-bisa-cek-penerima-blt-el-nino-rp400-ribu-simak-pencairannya-di-cek-bansos-kemensos
Ilustrasi menerima uang bantuan sosial atau Bansos BPNT sebesar Rp600.000 yang akan dicairkan pada Agustus 2023. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menanggapi dampak fenomena El Nino yang mempengaruhi perekonomian, Pemerintah Indonesia mengumumkan peluncuran Program Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino.

Program ini dirancang untuk membantu masyarakat yang terdampak oleh perubahan iklim, khususnya dalam mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Proses pencairan BLT El Nino akan dilakukan secara rapel pada November-Desember, dengan total bantuan sebesar Rp400 ribu yang akan diberikan pada bulan Desember.

BLT El Nino memberikan dana kepada mereka yang mengalami penurunan pendapatan. BLT El Nino dirancang untuk memberikan dukungan yang lebih langsung dan spesifik dibandingkan dengan BPUM, dengan fokus utama pada dampak perubahan cuaca terhadap UMKM.

Baca Juga: Rudy Tanoe Dicecar KPK soal Perusahaannya Dapat Jatah Salurkan Bansos yang Rugikan Negara Rp127 M

Cara Cek Penerima Bansos BLT El Nino Pakai HP

Para pelaku UMKM dan individu yang terdampak oleh fenomena El Nino dapat memeriksa kelayakan mereka untuk menerima bantuan melalui situs cekbansos.kemensos.go.id.

Situs ini memungkinkan pengguna untuk memasukkan informasi pribadi dan alamat sesuai KTP untuk memverifikasi status penerimaan mereka.

Proses pengecekan status BLT El Nino dapat dilakukan dengan mudah melalui HP atau komputer dengan mengikuti langkah-langkah yang telah ditetapkan.

Baca Juga: Cara Cek Siapa Saja Penerima Bansos BLT El Nino, Langsung Cair Rp400 Ribu, Klik Cek Bansos Kemensos!

Penerima yang terdaftar dengan status "YA" untuk periode November-Desember hanya perlu menunggu instruksi lebih lanjut dari perangkat desa.

Dengan peluncuran Program BLT El Nino ini, Pemerintah Indonesia berharap dapat memberikan dukungan finansial yang signifikan bagi masyarakat yang terdampak oleh perubahan iklim.

Program ini diharapkan dapat membantu meringankan beban ekonomi yang dihadapi oleh masyarakat akibat fenomena El Nino dan memastikan bahwa mereka dapat melanjutkan aktivitas ekonomi mereka meski di tengah tantangan iklim yang tidak menentu.

Baca Juga: Bantuan Bansos BPNT 2023 Sudah Dicairkan? Cek Siapa saja Penerimanya di Cek Bansos Kemensos



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x