Kompas TV ekonomi keuangan

Biar Enggak Kalap Saat Harbolnas, Ini 5 Hal yang Perlu Diketahui soal Paylater

Kompas.tv - 11 Desember 2023, 06:05 WIB
biar-enggak-kalap-saat-harbolnas-ini-5-hal-yang-perlu-diketahui-soal-paylater
Ilustrasi. Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) bersama dengan Kementerian Perdagangan menggelar Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2023 mulai 10-12 Desember 2023. (Sumber: Kompas.com/Shutterstock/ROSSY AGUNG )
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV- Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) bersama dengan Kementerian Perdagangan menggelar Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2023 mulai 10-12 Desember 2023.

 idEA menargetkan nilai transaksi Harbolnas tahun ini mencapai Rp25 triliun, naik dari tahun lalu yang nilainya sebesar Rp22,7 triliun.

Bagi konsumen, Harbolnas tentu menjadi momen yang ditunggu-tunggu karena bisa mendapatkan barang-barang yang diincar dengan harga diskon. Tapi ingat, jangan sampai keuangan boncos akibat belanja Harbolnas melebihi bujet. 

Apalagi dengan kemudahan tawaran paylater, anda jadi impulsif dan nantinya kesulitan membayar cicilannya. 

Baca Juga: Libur Panjang, KAI Gelar Promo Tiket 12.12 dan Diskon 20% untuk 35.000 Kursi Kereta Semua Kelas

Mengutip dari laman resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Minggu (10/12/2023), paylater adalah layanan untuk menunda pembayaran (buy now, pay later) dengan cara menyediakan fasilitas cicilan atau pelunasan terhadap tagihan transaksi pengguna. 

"Paylater dapat dimanfaatkan melalui aplikasi e-commerce, dompet digital, dan aplikasi pemesanan digital lainnya. Cara memanfaatkannya praktis, tinggal mengisi data diri secara daring dan melakukan verifikasi KTP, Paylater pun aktif dan bisa digunakan untuk belanja online," tulis OJK. 

Namun perlu diingat, kemudahan fitur dan penggunaan Paylater kerap kali membuat konsumen tidak berpikir dua kali untuk menggunakan cara transaksi ini. 

Seperti kartu kredit atau produk pinjaman lainnya, Paylater memiliki ketentuan yang perlu Anda pahami seperti manfaat, risiko, dan ketentuan layanannya

Baca Juga: Jelang Nataru Marak Tawaran Pinjaman Online, Ini Tips agar Tak Terjebak Pinjaman Ilegal

Bagaimana dengan ketentuan layanan Paylater? Yuk kenali lima hal berikut ini:

1. Limit pinjaman

Limit pinjaman merupakan batas pinjaman yang dapat diajukan melalui aplikasi Paylater. Dalam hal ini Anda dapat mengajukan pinjaman maksimal sebesar limit pinjaman. 

"Meskipun memiliki limit yang besar, jangan sampai Anda terlalu banyak memanfaatkan Paylater ya. Anda perlu sesuaikan dengan kemampuan bayar," ujar OJK. 



Sumber :

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.