Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Jasa Marga Tak Berikan Diskon Tarif Tol Selama Libur Nataru, Ini Alasannya

Kompas.tv - 5 Desember 2023, 08:31 WIB
jasa-marga-tak-berikan-diskon-tarif-tol-selama-libur-nataru-ini-alasannya
Ilustrasi pembayaran tol. Tarif tol pada ruas Jakarta Outer Ring Road (JORR), Akses Tanjung Priok (ATP), dan Pondok Aren-Ulujami mengalami penyesuaian mulai hari ini, Senin (4/12/2023) (Sumber: Antaranews)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Jasa Marga Tbk (JSMR) tidak memberikan diskon tarif tol selama periode libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Jasa Marga menjelaskan, pihaknya tidak mengusulkan diskon tarif tol dikarenakan pergerakan mobil pada libur Nataru kali ini tidak sebanyak saat libur Hari Raya Idul Fitri lalu.

“Kami di JSMR nggak usulkan tarif di bawah Natal dan Tahun Baru (Nataru). Karena masih bisa ditampung, mobilisasi angkanya di bawah Lebaran,” jelas Corporate Communication and Community Development Group Head PT Jasa Marga Tbk (JSMR), Lisye Octaviana, dikutip dari Antara, Senin (4/12/2023).

Lisye menjelaskan bahwa diskon tarif tol selama libur Lebaran bertujuan untuk mengatur aliran lalu lintas dan mencegah penumpukan pada jam tertentu. 

Dia menyebut durasi libur Lebaran 2023 yang cukup panjang dan telah diprediksi kepadatan di titik-titik puncak lalu lintas.

Baca Juga: Naik Mulai 4 Desember 2023, Berikut Tarif Terbaru Tol JORR Akses Tanjung Priok & Pondok Aren-Ulujami

"Di Lebaran, kami untuk distribusikan lalu lintas, biar nggak numpuk satu waktu, periode Lebaran kemarin kan panjang. Jadi, ada titik- titik waktu yang jadi puncak."

"Kapasitas jalannya walau ada rekayasa lalu lintas tetep ngga ketampung. Jadi, tujuannya diskon tarif untuk distribusi lalu lintas,” jelasnya lagi.

Terkait antisipasi lonjakan pergerakan mobil saat libur Nataru, Lisye mengatakan Jasa Marga telah berkoordinasi secara intens dengan berbagai pihak seperti Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kepolisian RI, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, dan pemerintah daerah setempat.

Koordinasi ini dilakukan untuk persiapan antisipasi peningkatan layanan, peningkatan volume, serta kepadatan pada jalur, gerbang tol, maupun rest area.


 

“Langkah antisipasinya seperti apa, mulai dari rekayasa lalu lintas. Dari sisi internal, sarana prasarana akan kita tambahkan untuk mengatur lalu lintas dan kepadatan penambahan mobile reader untuk penambahan jumlah transaksi,” terang Lisye.

Baca Juga: Resmi! Tarif Tol JORR, ATP dan Pondok Aren-Ulujami Naik untuk Semua Jenis Kendaraan Mulai Hari Ini



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x