Kompas TV ekonomi perbankan

Sambut Natal dan Tahun Baru, BRI Siapkan Uang Tunai Rp25,2 T

Kompas.tv - 21 November 2023, 03:25 WIB
sambut-natal-dan-tahun-baru-bri-siapkan-uang-tunai-rp25-2-t
PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) menyiapkan uang kas senilai Rp25,2 triliun selama periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. (Sumber: Dok. BRI)
Penulis : Dina Karina | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) menyiapkan uang kas senilai Rp25,2 triliun selama periode Natal dan Tahun Baru.

Direktur Jaringan dan Layanan BRI Andrijanto mengungkapkan, uang kas yang disiapkan itu lebih rendah sebesar 5 persen dibandingkan dengan realisasi tahun lalu yang mencapai sebesar Rp26,5 triliun. 

“Uang tersebut akan dialokasikan sebesar Rp19,8 triliun untuk kebutuhan mesin e-Channel BRI berupa ATM & CRM, sementara sisanya sebesar Rp5,4 triliun dialokasikan untuk Kantor Cabang BRI,” kata Andrijanto dalam keterangan resminya yang diterima di Jakarta, Senin (20/11/2023). 

Ia menjelaskan, penurunan kebutuhan uang tunai seiring dengan preferensi transaksi nasabah yang bergeser ke transaksi digital atau cashless. Hal ini terlihat dari migrasi transaksi ke digital yang meningkat signifikan. 

Baca Juga: Mulai Hari Ini, 4 Cara Pesan Tiket Kapal Ferry untuk Libur Nataru, Bisa Lewat Aplikasi...

Namun, ia mengaku pihak BRI telah mampu memitigasi perpindahan tersebut. Mayoritas transaksi nasabah BRI kini dilakukan secara online

“Sekitar 99 persen telah dilakukan melalui layanan berbasis digital baik melalui e-channel maupun platform digital yang dimiliki BRI. Sedangkan sisanya, atau 1 persen transaksi dilakukan masih secara konvensional di Kantor BRI,” ungkapnya. 

Untuk kemudahan bertransaksi, BRI terus mendorong nasabah agar menggunakan super app BRImo. 

“Saat ini BRImo telah memiliki lebih dari 100 fitur yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan akan layanan keuangan yang terintegrasi dari mana pun dan kapan pun,” tambahnya.

Baca Juga: Tiket Kereta Libur Nataru 2024 sudah Bisa Dipesan, Begini Cara Belinya melalui KAI ACCESS

Hingga akhir Oktober 2023, tercatat pengguna BRImo telah mencapai 30,4 juta user (meningkat 30 persen yoy) dengan volume transaksi mencapai Rp3.353 triliun atau meningkat 60,8 persen yoy.

Di samping BRImo, BRI memiliki perpanjangan layanan perbankan yakni AgenBRILink, di mana hingga akhir Oktober 2023, BRI telah memiliki 710.000 AgenBRILink yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Melalui AgenBRILink, masyarakat dapat melakukan transfer, melakukan penyetoran dan penarikan simpanan serta melakukan berbagai aktivitas perbankan sebagaimana di kantor bank.

Baca Juga: Damri Buka Rute Stasiun Kereta Cepat Halim-Bandara Soetta, Ini Cara Beli Tiketnya

“BRI berkomitmen untuk memberikan layanan yang optimal kepada nasabah melalui berbagai jaringan baik berupa jaringan fisik konvensional (Kantor Cabang, Kantor Cabang Pembantu, BRI Unit, dan lainnya), jaringan elektronik (ATM, CRM, EDC), digital dengan super apps BRImo, termasuk jaringan AgenBRILink yang prima hingga complain handling nasabah yang optimal,” tutur Andrijanto.


 



Sumber : KOMPAS TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x