Kompas TV ekonomi energi

Presiden Jokowi Bertemu Bos Freeport McMoRan di AS, Bahas Saham dan Perpanjangan Kontrak

Kompas.tv - 14 November 2023, 09:02 WIB
presiden-jokowi-bertemu-bos-freeport-mcmoran-di-as-bahas-saham-dan-perpanjangan-kontrak
Presiden Joko Widodo bersama jajaran menteri berdialog dengan Chairman Freeport McMoRan Ricard Adkerson di Hotel Waldorf Astoria, Washington DC, AS, Senin (13/11/2023). (Sumber: BPMI Setpres)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo menerima Chairman Freeport McMoRan Ricard Adkerson saat lawatan kerja di Amerika Serikat (AS), Senin (13/11/2023).

Dalam pertemuan tersebut, ada sejumlah dialog yang dibahas mengenai eksplorasi tambang di Indonesia. Mulai dari pembahasan mengenai penambahan saham Freeport di Indonesia hingga perpanjangan izin tambang. 

Presiden Jokowi menyatakan baik pembahasan saham maupun perpanjangan izin tambang sudah mencapai tahap akhir. 

"Saya senang mendengar pembahasan penambahan 10 persen saham Freeport di Indonesia dan perpanjangan izin tambang selama 20 tahun telah capai tahap akhir," ujar Presiden Jokowi kepada Ricard Adkerson dalam pertemuan. 

Baca Juga: Kementerian BUMN Optimistis, Smelter Freeport di Gresik Beroperasi Tahun 2024

Presiden Jokowi pun berharap agar kedua pembicaraan tersebut dapat diselesaikan pada akhir November tahun ini.

"Selesai di akhir bulan ini," ujar Jokowi. 

Terpisah, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ad Interim Erick Thohir menilai, saat ini hubungan perdagangan Indonesia dengan AS terus meningkat. 

Menurut Erick, surplus perdagangan Indonesia dengan AS sudah mencapai hampir USD16 miliar, dan investasi AS di Indonesia sudah nomor empat, yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Hal ini jugalah, sambung Erick, yang mendorong Presiden Jokowi menarik investasi AS ke Indonesia, termasuk dari Freeport McMoRan. 

Baca Juga: PT Freeport Masih Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan D3 dan S1, Begini Cara Daftarnya

"Kebetulan kita BUMN sudah menguasai 51 persen," ujar Erick. 

Erick menambahkan, dalam pertemuan Presiden Jokowi bersama CEO Freeport McMoRan tersebut dibahas juga mengenai hilirisasi yang dilakukan oleh Freeport. 

Saat ini Freeport sudah tidak hanya melakukan kegiatan penambangan emas dan tembaga saja, melainkan telah membangun smelter untuk mengolahnya.

Ia juga mengungkapkan, dalam pertemuan dengan Presiden Jokowi, pihak Freeport tampak menunjukkan komitmennya untuk membangun smelter selain di Surabaya, yakni di Fakfak, Papua Barat. 

"Hal-hal ini yang tadi disampaikan sangat positif untuk terus kita meningkatkan investasi dari luar negeri untuk membuka lapangan kerja di Indonesia sendiri seperti yang dicita-citakan Presiden," ujar Erick. 

Baca Juga: Bocoran Gedung Putih: Nikel dan Peran Indonesia di Timur Tengah Dalam Agenda Jumpa Biden dan Jokowi

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan yakni Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ad Interim Erick Thohir, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif, dan Duta Besar RI untuk Amerika Serikat Rosan Roeslani serta Direktur Utama PT Freeport Indonesia Tony Wenas.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x