Kompas TV ekonomi energi

Sering Gagal Isi Token Listrik? Lakukan 4 Hal Ini, Dijamin Berhasil!

Kompas.tv - 29 Oktober 2023, 04:00 WIB
sering-gagal-isi-token-listrik-lakukan-4-hal-ini-dijamin-berhasil
Foto ilustrasi seorang perempuan tengah mengisi token listrik. Masyarakat pengguna token listrik PLN jumlahnya kini semakin banyak. Tapi ternyata, masih banyak juga yang belum memahami cara mengisi token listrik PLN dengan benar, sehingga gagal. (Sumber: surabaya.tribunnews.com/sugiharto)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Masyarakat pengguna token listrik PLN jumlahnya kini semakin banyak.  Namun, masih banyak masyarakat tidak mengerti cara mengisi token listrik PLN dengan benar. Sehingga, sering kali gagal saat melakukan pengisian ulang token. 

Biasanya jika tidak berhasil mengisi token, muncul tulisan GAGAL saat menginput yang bisa disebabkan oleh salah input angka token, salah Nomor Meter/ID Pel saat membeli token, atau kWh Meter sedang mengalami pembaruan sistem (updating).

Sedangkan apabila muncul tanda PERIKSA, itu berarti adanya gangguan pada instalasi rumah pelanggan, terjadi kebocoran arus listrik.

Jika anda mengalami masalah di atas, berikut solusinya:

1. Salah Input Angka Token

Solusi: Periksa kembali angka token dan pastikan Anda memasukkan ulang angka token sesuai urutan dengan benar. 

Baca Juga: Cara Cek Tagihan Listrik lewat HP di WhatsApp, SMS, dan Website PLN Terbaru 2023

2. Salah Nomor Meter/ ID Pel saat membeli token

Solusi: Periksa kembali 11 digit nomor meter/12 digit ID Pel sesuai yang tertera pada kWh Meter. Apabila keliru, Anda harus membeli token listrik yang baru dengan nomor meter/ ID Pel yang sesuai.

3. kWh Meter sedang alami pembaruan sistem (update)

Solusi: Pembaruan sistem pada kWh meter dilakukan untuk tetap menjaga performa kWh meter. Apabila gagal isi token, langsung saja lapor ke aplikasi PLN Mobile dan petugas PLN siap membantu. 

Ikuti langkah-langkah sesuai instruksi dari petugas. Setelah ter-update, token Anda langsung dapat digunakan.

4. Muncul tulisan "PERIKSA" pada kWh Meter

Solusi: Penyebab munculnya tulisan "PERIKSA" bisa disebabkan oleh kebocoran arus listrik, gangguan pada instalasi rumah pelanggan, dll. 

Apabila muncul 2 tanda di atas, jangan ragu untuk segera melaporkan kendala terkait pengisian token ke aplikasi PLN Mobile. Petugas PLN akan siap membantumu sampai kamu berhasil melakukan input token. 

Perlu diingat, jangan otak atik KWh meter Anda. Hal itu agar instalasi listrik rumah tetap aman dan tidak terjadi korsleting atau kebakaran. 

Baca Juga: Mencegah Stunting, Menyelamatkan Generasi Masa Depan Bangsa


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x