Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

IKMS Gelar Ajang Pertama Kompetisi Inovasi Anak Negeri

Kompas.tv - 24 September 2023, 07:59 WIB
ikms-gelar-ajang-pertama-kompetisi-inovasi-anak-negeri
Indonesian Knowledge Management Summit (IKMS) Selenggarakan Ajang Pertama untuk Kompetisi Inovasi Anak Negeri (Sumber: Istimewa)
Penulis : Fadhilah

KOMPAS.TV - PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) menggelar Indonesian Knowledge Management Summit (IKMS). Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan manfaat lebih luas, bukan hanya mencapai target internal perusahaan, tapi juga membangun komunitas bagi masyarakat Indonesia untuk lebih membudayakan pentingnya inovasi dan sharing knowledge.

Acara dengan tema besar The Future of Green Energy and Sustainable Development telah dilaksanakan selama 2 hari pada 7-8 September 2023 mengundang para ahli bidang new energy, sustainability maupun inovasi dan kekayaan intelektual.

Beberapa sub tema acara ini adalah Green Energy Production, Infrastructure and Integration System; Future Innovation For Decarbonization in Industri Sector; ESG in Industrial Area to Support Sustainability Development; Digitalization on Sustainability Implementation and Monitoring; dan Environmental Compliance in Industrial Sector to Support Sustainability.

Baca Juga: Pertamina Siap Kembangkan Pusat Riset Energi Berkelanjutan di IKN

Direktur Utama PT KPI Taufik Aditiyawarman menyampaikan, PT KPI mempunyai visi sebagai perusahaan kilang minyak dan petrokimia berkelas dunia, juga kompetensi bisnis inti di industri kilang memiliki komitmen kuat dalam mengembangkan inovasi.

“Mendorong tujuan transisi energi melalui kepemimpinan strategis adalah upaya yang kompleks dan penting yang memerlukan kolaborasi antara pemerintah, dunia usaha, komunitas, dan individu,” ungkap Taufik dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (23/9/2024).

"Para pemimpin yang berpengaruh di bidang ini harus mengatasi berbagai tantangan sambil memanfaatkan peluang untuk menciptakan masa depan yang berkelanjutan dan rendah karbon," lanjutnya.

Pada penyelenggaraan 1st Indonesian Knowledge Management Summit tahun ini, diikuti oleh 97 peserta paper competition dari berbagai perusahaan maupun universitas.

Adapun yang akan melakukan penilaian sejumlah 10 orang juri dari kementerian, praktisi, dan akademisi dari berbagai institusi perguruan tinggi. Yaitu, Universitas Gajah Mada, Institut Teknologi 10 Nopember, Universitas Bung Hatta. Mereka akan memilih inovasi terbaik dari 40 paper terbaik yang telah diseleksi.

Baca Juga: BP dan Pertamina Tanda Tangani MoU Dukung Studi Potensi Pasokan Gas dan Injeksi CO2 di Tangguh

Taufik menambahkan, kegiatan IKMS yang pertama kali diadakan ini menjadi momentum yang sangat penting bagi tumbuhnya sinergi berbagi pengetahuan dan inovasi antara dunia usaha, dunia pendidikan dan masyarakat.

"Kami harapkan pada tahun-tahun mendatang, kegiatan ini akan semakin berkembang dan melibatkan unsur unsur yang lebih luas," jelas Taufik. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x