Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Meta Jual Centang Biru Facebook dan Instagram, Harganya Rp100.000 per Bulan

Kompas.tv - 25 Juli 2023, 13:59 WIB
meta-jual-centang-biru-facebook-dan-instagram-harganya-rp100-000-per-bulan
Meta, induk dari Instagram dan Facebook meluncurkan layanan centang biru mereka bernama Meta Verified. (Sumber: Meta)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV- Induk Facebook dan Instagram, Meta, menyediakan layanan berbayar untuk akun terverifikasi centang biru. Layanan yang disebut sebagai Meta Verified itu hadir di Indonesia dengan harga langganan mulai Rp100.000 per bulan.

Mengutip dari Antara, Selasa (25/7/2023), Meta Verified adalah paket berlangganan di Instagram dan Facebook yang membantu kreator yang sedang naik daun bisa mengembangkan eksistensi dan membangun komunitas secara lebih cepat.

Meta membanderol layanan Meta Verified seharga Rp100.000 untuk situs web dan Rp130.000 untuk Facebook atau Instagram di aplikasi Android dan iOS. Meta akan memberikan lencana verifikasi kepada akun berdasarkan autentikasi dokumen legal.

Keuntungan yang didapat dalam layanan Meta Verified, adalah pengguna akan mendapatkan akses ke sejumlah fitur eksklusif dan unik, visibilitas yang lebih tinggi dan dukungan khusus dari tim Meta.

Baca Juga: Waspada! Sindikat Jual Ginjal Internasional Cari Korban Lewat Facebook

Lencana verifikasi Meta Verified juga akan membantu pengguna Instagram dan Facebook mengetahui keaslian profil yang dilihat. Pasalnya, Meta memverifikasi pengguna akun dengan kartu identitas yang diterbitkan pemerintah dan video selfie untuk membuktikan keaslian akun.

Meta juga memberikan perlindungan secara proaktif, misalnya autentikasi dua faktor, supaya pelanggan terhindar dari orang yang ingin meniru profil.

Untuk fitur eksklusif, Meta menjanjikan pengguna Meta Verified mendapatkan stiker eksklusif untuk Stories dan Reel baik di Instagram maupun Facebook.

Ketika mengalami masalah, Meta juga akan memberikan bantuan kepada pelanggan layanan berbayar itu.

Baca Juga: Lengkap, Ini Panduan Dapat Centang Biru Instagram dan Facebook di Indonesia

Sebelumnya, media sosial Twitter mengumumkan tanda "centang biru", tanda akun terverifikasi, hilang bagi pemilik akun yang tidak berlangganan. Kebijakan itu mulai berlaku sejak 20 April 2023.

"Kami akan menghapus tanda verifikasi yang lama. Untuk tetap terverifikasi pengguna individu bisa mendaftarkan diri ke Twitter Blue dan organisasi juga bisa tetap terverifikasi dengan mendaftarkan diri menjadi organisasi terverifikasi," tulis Twitter lewat akun @verified saat itu. 

Twitter juga secara resmi menautkan situs web pendaftaran untuk pengguna individu berlangganan layanan "Twitter Blue" dan juga untuk organisasi agar tetap bisa memiliki tanda terverifikasi.

Di Indonesia, layanan berlangganan Twitter telah tersedia sejak Februari 2023 dengan tarif per bulan Rp120.000 untuk langganan via website. Untuk langganan melalui aplikasi di Android dan iOS, harganya lebih tinggi yakni Rp165.000 per bulan.

Baca Juga: Logo Twitter Diganti Elon Musk: Burung Biru Pensiun, Diganti Huruf X

Meski begitu, setelah berlangganan pengguna nampaknya masih harus melewati proses verifikasi dari Twitter untuk mendapatkan tanda centang biru.

Beberapa akun yang sebelumnya terverifikasi dipastikan kehilangan centang birunya seperti akun Twitter milik selebritas @Beyonce, @selenagomez, hingga @kourtneykardash. 

Meskipun centang biru harus berlangganan, masih ada temuan juga akun yang tidak berlangganan, namun, tetap memiliki tanda terverifikasi itu, salah satunya adalah akun Twitter @StephenKing yang merupakan seorang penulis kawakan.

Stephen King sampai menegaskan dirinya tidak berlanggan Twitter Blue kepada para pengikutnya, namun, dia tetap memiliki centang biru.



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x