Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Luhut Pastikan Tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung Gratis Selama 2 Bulan

Kompas.tv - 25 Juni 2023, 07:30 WIB
luhut-pastikan-tiket-kereta-cepat-jakarta-bandung-gratis-selama-2-bulan
Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan uji coba kereta cepat jakarta-bandung (KCJB), Kamis (22/6/2023). (Sumber: Dok. BKIP Kemenhub)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan tiket kereta cepat Jakarta-Bandung akan gratis selama dua bulan operasional. 

Luhut juga mengatakan bahwa skema distribusi tiket gratis ini akan dikaji lebih lanjut. 

"Gratis untuk beberapa, mungkin satu bulan setengah atau dua bulan," kata Luhut dari laporan tim jurnalis Kompas TV, Sabtu (24/6/2023). 

Baca Juga: Cara Dapat Tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung Melalui Online Kapasitas 600 Penumpang

Ia menjelaskan bahwa program tiket gratis kereta cepat ini sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar masyarakat dapat merasakan moda angkutan umum baru tersebut. 

"Jadi presiden kemarin sudah kasih instruksi, bahwa kita berikan rakyat kita sepanjang rel kereta api ini untuk mencoba secara gratis kereta api ini, dan itu kita harapkan mungkin kita bulan Juli sudah kita bisa lakukan," sambung Luhut.  

Kereta Cepat Jakarta Bandung akan mulai beroperasi dan diresmikan Presiden Jokowi pada 18 Agustus 2023 mendatang.

Baca Juga: Luhut Ungkap Kenyamanan Naik Kereta Cepat Jakarta-Bandung Capai 355Km/Jam

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut pemerintah akan menggratiskan tiket kereta cepat selama tiga bulan. 

"Selama 90 harian kereta api cepat akan digratiskan kepada warga. Silakan daftar, nanti ada pembukaan secara online karena kapasitas kereta api itu sekitar 600-an penumpang. Siapa yang ingin tidak bayar, orang desa, anak kecil, semua bisa," kata Ridwan Kamil. 

Kereta cepat Jakarta-Bandung ini mampu mencapai kecepatan 355 km/jam yang membuat jarak tempuh Jakarta-Padalarang bisa ditempuh dalam waktu kurang dari 30 menit.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x