Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Bandara Soetta Tambah Rute Penerbangan selama Liburan Sekolah, Cek Rute Barunya

Kompas.tv - 20 Juni 2023, 12:22 WIB
bandara-soetta-tambah-rute-penerbangan-selama-liburan-sekolah-cek-rute-barunya
Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten siap menambah rute penerbangan baru dalam negeri dan internasional menjelang libur Idul Adha 1444 Hijriah/2023, yang jatuh pada Kamis (29/6/2023). (Sumber: Antara)
Penulis : Dina Karina | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV- Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten siap menambah rute penerbangan baru dalam negeri dan internasional menjelang libur Idul Adha 1444 Hijriah/2023, yang jatuh pada Kamis (29/6/2023) serta selama liburan sekolah. 

Executive General Manager Bandara Soetta Dwi Ananda Wicaksana mengatakan, penambahan rute itu karena banyaknya permintaan dari masyarakat menjelang cuti bersama libur Idul Adha.

"Penambahan rute ini berdasarkan permintaan maskapai karena tren peningkatan penumpang," kata Ananda seperti dikutip dari Antara, Senin (19/6/2023).

Penambahan rute baru dalam negeri itu nantinya akan dilayani oleh maskapai Air Asia, Pelita Air, Trans Nusa dan Tri-MG. 

Sedangkan penambahan rute internasional dilayani Air Asia, KLM Royal Dutch, Qantas Airways, Trans Nusa, Uzbekistan Airways, dan Vietjet Aviation.

Baca Juga: LIbur Telah Tiba! KAI Berikan Diskon 25 Persen untuk Kelas Ekonomi hingga Eksekutif

Ia mengungkapkan, penambahan rute terbaru oleh Air Asia adalah dengan rute Perth (Australia), Ho Chi Minh (Vietnam), dan Serawak (Malaysia) sejak bulan Juni ini.

Sementara itu, untuk rute lima teratas penerbangan domestik dari Bandara Soetta ialah Denpasar, Kualanamu, Surabaya, Makassar, dan Pontianak.

"Sedangkan untuk rute Internasional dipegang oleh Singapura, Kuala Lumpur, Jeddah, Doha, dan Madinah," tambahnya. 

Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Soetta memprediksi pergerakan penumpang penerbangan meningkat 23 persen atau mencapai 4,9 juta saat memasuki libur sekolah dan Idul Adha 1444 Hijriah/2023.

Baca Juga: Kapan Libur Iduladha 2023 dan Adakah Cuti Bersama? Ini Jadwal dari Pemerintah

Dari jumlah 4,9 juta penumpang ini terjadi selama pada periode Juni-Juli 2023.

Hal itu terjadi tren peningkatan sebanyak 23 persen dibandingkan dengan masa angkut bulan Juni-Juli 2022 lalu.

Selain itu, dengan seiring terjadinya kenaikan jumlah penumpang, pergerakan pesawat pun diperkirakan bakal terjadi peningkatan dengan total 32.624 pergerakan pesawat selama bulan Juni-Juli 2023 tersebut.

"Hal tersebut beriringan dengan kenaikan jumlah pergerakan pesawat yang menyentuh angka 1.138 per hari. Dengan total 32.624 pergerakan pesawat pada bulan Juni-Juli 2023 ini," sebut Dwi Ananda. 

Berdasarkan informasi dari maskapai, diperkirakan jumlah pergerakan penumpang di Bandara Soetta hariannya mencapai 178.979 penumpang. 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x