Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Ingin Karier Cemerlang? Simak Tips Berikut!

Kompas.tv - 17 Mei 2023, 16:00 WIB
ingin-karier-cemerlang-simak-tips-berikut
Untuk membangun karier yang cemerlang, diperlukan beberapa usaha agar bisa meraihnya. (Sumber: Freepik)
Penulis : Ristiana D Putri | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tak semua orang benar-benar bisa menggapai karier yang diinginkan. Pasalnya, kebanyakan orang baru bisa membangun karier ketika sudah mengetahui arah dan tujuan hidupnya.

Kenyataannya, orang yang sukses dalam karier menggunakan teknik tepat secara konsisten untuk mencapai tujuan dan ambisi mereka.

Hal ini pun dilakukan Teddy Kho, dalam siniar Obsesif bertajuk “LED Talk: Dulu Kerja di Hotel, Sekarang di Hollywood?! ft. Teddy Kho” dengan tautan akses dik.si/ObsesifTeddy, ia membagikan kisahnya dalam menggapai kesuksesan karier. Berkat keberanian, networking, dan kegigihan, Teddy berhasil meningkatkan kapasitasnya dengan lebih maksimal.


 

Mengutip dari Kompas.com, ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar dapat membangun karier dengan lebih baik.

Ubah Kelemahan Menjadi Kekuatan

Dalam karier, setiap orang dibiasakan untuk membentuk pola pikir menunjukkan kekuatan terbesar dan meminimalisasi kelemahan. Namun, tanpa disadari hal tersebut justru membuat kita menjadi membatasi diri saat melakukan sesuatu.

Baca Juga: Meta Leadership: Kepemimpinan di Masa Sulit

Sebaliknya, kita perlu mengasah dan memperdalam kelemahan. Pasalnya, hal ini akan membantu kita untuk mengubah kelemahan menjadi kekuatan untuk membuka peluang kerja yang lebih sukses.

Membuka Pikiran untuk Ide Kontradiktif

Andy Hoffman, Profesor bidang Sustainable Enterprise di University of Michigan mengungkapkan, salah satu tanda kecerdasan adalah mampu memiliki dua ide kontradiktif dalam waktu bersamaan.

Membuka pikiran untuk ide-ide yang tak biasa, justru akan menghasilkan pilihan baru yang lebih baik. Hal ini juga akan membantu menempatkan kita dalam posisi perspektif karier yang lebih segar dan berbeda.

Secara tak langsung, Hoffman menyarankan untuk tidak ragu atau malu untuk melompat ke bidang karier yang berbeda dari karier sebelumnya.

Fokus dalam Penyelesaian Masalah

Pakar pemasaran, Seth Gordin mengungkapkan bahwa sebenarnya kesuksesan bukan lagi satu-satunya hal penting dalam karier. 

Yang terpenting adalah jangan mengubah visi dan misi tentang karier baru hanya untuk membuat orang lain terkesan atau senang.

Baca Juga: Hindari Topik Pembicaraan Ini di Kantor!

Fokuslah untuk mengidentifikasi posisi di mana kita bisa memberi dampak positif bagi banyak orang.

Dengarkan informasi lengkapnya dalam siniar Obsesif episode “LED Talk: Dulu Kerja di Hotel, Sekarang di Hollywood?! ft. Teddy Kho”, Hanya di YouTube Medio by KG Media dengan tautan akses dik.si/ObsesifTeddy.

Di sana, ada pula beragam informasi menarik seputar dunia kerja untuk job seeker dan fresh graduate.

Ikuti siniar Obsesif dan akses playlist-nya di YouTube Medio by KG Media sekarang juga agar kalian tak tertinggal tiap episode terbarunya!

Penulis: Rangga Septio Wardana dan Brigitta Valencia Bellion



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x