Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Sri Mulyani di Hari Kartini: 52% Penerima LPDP dan 95% Debitur Pembiayaan Mikro adalah Perempuan

Kompas.tv - 21 April 2023, 13:33 WIB
sri-mulyani-di-hari-kartini-52-penerima-lpdp-dan-95-debitur-pembiayaan-mikro-adalah-perempuan
Di Hari Kartini 21 April 2023, Menkeu Sri Mulyani sebut 52 persen penerima beasiswa LPDP adalah perempuan dan 95 persen penerima pembiayaan UMKM adalah perempuan. (Sumber: Instagram @smindrawati)
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Setiap tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini, merujuk pada hari kelahiran R.A Kartini. Pahlawan Nasional itu dianggap turut memperjuangkan emansipasi perempuan lewat pemikiran dan tulisan-tulisannya. 

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, perjuangan Kartini telah menjadi inspirasi bagi perempuan masa kini dan menyadarkan jika perempuan bisa menjadi apapun yang mereka inginkan. 

"R.A. Kartini dalam memperjuangkan hak-hak perempuan merupakan inspirasi abadi bagi para perempuan Indonesia," tulis Sri Mulyani dalam unggahan di akun Instagramnya, Jumat (21/4/2023). 

Baca Juga: KH Saleh Darat, Guru Agama R.A Kartini dan Penerjemah Al-Quran Pertama ke Bahasa Jawa

"Perjuangan beliau telah menyadarkan bahwa perempuan bisa menjadi apapun yang mereka inginkan. Perempuan juga boleh, bahkan harus memiliki bekal pendidikan untuk bisa maju. Dan melalui APBN #Uang Kita, kita terus melanjutkan perjuangan emansipasi yang telah dilakukan R.A. Kartini," tambahnya. 

Sri Mulyani mengungkapkan peran APBN dalam memajukan perempuan Indonesia. Yakni lewat pemberian beasiswa pendidikan dan pembiayaan usaha. 

"Dari total 36.200 penerima beasiswa perguruan tinggi @lpdp_ri, sebanyak 52,8% dari penerima beasiswa tersebut merupakan perempuan. Ini menggambarkan semangat yang luar biasa dari perempuan Indonesia dalam meraih cita-cita dan meningkatkan kualitas diri," tutur Sri Mulyani. 

Baca Juga: Inspirasi Semangat Kartini Untuk Perempuan Masa Kini

"Tak hanya itu, dari total 7,52 juta penerima pembiayaan Ultra Mikro (UMI) - program pembiayaan untuk pelaku UMKM - dengan total penyaluran mencapai Rp26,7 triliun, 95,52% debiturnya juga merupakan perempuan," sambungnya. 


 

Menurut Sri Mulyani, melalui dua program itu APBN sudah mendorong perempuan Indonesia untuk terus produktif dan kreatif.

"Jadi, jangan pernah berhenti berjuang, seperti yang selalu diajarkan oleh Ibu kita, Kartini, karena APBN akan selalu hadir untuk memberikan dukungan. Selamat Hari Kartini bagi kita semua, para perempuan Indonesia," pesan Sri Mulyani. 



Sumber :



BERITA LAINNYA



Close Ads x