Kompas TV di balik layar pekerja tv

Inilah di Balik Layar Kerja Floor Director KompasTV

Kompas.tv - 20 Juni 2020, 15:01 WIB
Penulis : Desy Hartini

KOMPAS.TV - Backstage adalah sebuah program yang membahas mengenai kegiatan para pekerja di dunia broadcasting dari balik layar. 

Episode perdana kali ini, Backstage bakalan membeberkan bagaimana pekerjaan Floor Director KompasTV. 

Di KompasTV sendiri, Floor Director terdiri dari Lead Floor Director, Audience Warmer, Traffic Floor Director, dan Backstage. Masing-masing di antaranya tentu memiliki rincian pekerjaan yang berbeda-beda.

Floor Director Lead adalah pemimpin atau 'jenderal'-nya di lapangan/studio. FD Lead bertugas mengkoordinasikan semua tim yang bertugas, termasuk Audience Warmer, Traffic Floor Director, dan Backstage.

Pastinya, FD Lead wajib memiliki time management yang baik. Mereka harus memberikan cue kapan masuk dan keluarnya host maupun talent secara jelas. Bukan hanya host dan talent, tapi juga memberikan aba-aba kepada penonton kapan mereka harus tepuk tangan dan sebagainya. 

Tugas utama Audience Warmer adalah mengatur penonton, dari masuk studio, mengikuti aba-aba dari FD Lead, dan memberikan informasi mengenai Standar Operasional Prosedur (SOP).

Sesuai namanya, Audience Warmer harus dapat menghangatkan dan mencairkan suasana sehingga mood penonton tetap semangat dan senang.

Traffic Floor Director bertanggung jawab untuk menginformasikan kapan talent yang akan perform pada acara harus masuk dan keluar serta memastikan talent berada di lokasi yang tepat sesuai tanda blocking-an.

Terakhir, Backstage sendiri bertanggung jawab menyiapkan talent di belakang panggung sehingga acara berjalan dengan baik.

Selengkapnya mengenai seluk-beluk pekerjaan Floor Director bisa langsung nonton video ini!

#FloorDirector #Broadcasting #Backstage



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.