Kompas TV cerita ramadan amalan

Tata Cara Melaksanakan Iktikaf di Bulan Ramadan, Kapan Waktu yang Tepat?

Kompas.tv - 11 April 2023, 19:58 WIB
tata-cara-melaksanakan-iktikaf-di-bulan-ramadan-kapan-waktu-yang-tepat
Ilustrasi. Apa itu itikaf dan seperti apa tata cara pelaksanaannya? Berikut penjelasan seputar ibadah itikaf dan tata caranya sebagaimana dilansir dari laman resmi Muhammadiyah. (Sumber: Jurnal Cianjur Selatan)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Bulan Ramadan dapat menjadi ajang memperbanyak ibadah wajib dan sunah, salah satunya adalah iktikaf. Amalan iktikaf kerap dilaksanakan pada bulan Ramadan, terutama pada sepuluh hari terakhir bulan suci tersebut.

Lalu, apa itu iktikaf dan seperti apa tata cara pelaksanaannya? Berikut penjelasan seputar ibadah iktikaf dan tata caranya, sebagaimana dilansir dari laman resmi Muhammadiyah.

Apa itu iktikaf?

Majelis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah menjelaskan, iktikaf adalah aktivitas berdiam diri di masjid dalam rentang waktu tertentu sembari melakukan amalan atau ibadah tertentu dengan mengharap rida Allah SWT.

Baca Juga: Adab Beritikaf Menurut Imam Al Ghazali

"Ibadah ini termaktub dalam QS. Al Baqarah ayat 187, '... maka sekarang campurilah mereka dan carilah apa yang  ditetapkan Allah untukmu, dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam, (tetapi) janganlah kamu campuri mereka itu, sedang kamu beri’tikaf dalam masjid. Itulah larangan Allah, maka jangan kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia, supaya mereka bertaqwa,'" demikian dikutip dari laman resmi Muhammadiyah.

Demikian, iktikaf merupakan aktivitas ibadah yang telah disyariatkan berdasarkan Al-Qur'an dan hadis.

Waktu dan durasi iktikaf

Aktivitas iktikaf dianjurkan untuk dilakukan setiap waktu pada bulan Ramadan. Namun, terdapat keutamaan untuk melaksanakan iktikaf pada 10 hari terakhir Ramadan.

Hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar dan HR Muslim menyatakan bahwa Rasulullah SAW selalu beriktikaf pada 10 hari terakhir bulan Ramadan.

Mengenai durasi iktikaf, terdapat perbedaan pendapat di kalangan ulama. Ulama Al-Hanafiyah berpendapat iktikaf dapat dilaksanakan dengan waktu yang sebentar, tetapi tidak menentukan batasan tempo. Sedangkan ulama Al-Malikiyah berpendapat bahwa iktikaf dilaksanakan minimal satu malam satu hari.

Majelis Tarjih Muhammadiyah sendiri berpendapat bahwa iktikaf dapat dilaksanakan dalam beberapa durasi waktu tertentu, misal dalam waktu satu jam, dua jam, tiga jam dan seterusnya, dan boleh juga dilaksanakan dalam waktu sehari semalam (24 jam).

Tempat melaksanakan iktikaf

Aktivitas iktikaf dapat dilakukan di dalam masjid selama bulan Ramadan. Terdapat perbedaan pendapat di kalangan ulama terkait apakah masjid yang bisa digunakan untuk iktikaf harus masjid yang biasa dipakai berjemaah (jami') atau semua jenis masjid.

Ulama Al-Hanafiyah berpendapat bahwa masjid yang bisa dijadikan tempat iktikaf adalah masjid yang memiliki imam dan muazin khusus.

Sementara itu, ulama Al-Hanabilah berpendapat bahwa iktikaf hanya bisa dilaksanakan di masjid yang biasa dipakai untuk salat berjemaah atau bersama-sama.

Majelis Tarjih Muhammadiyah menyatakan bahwa iktikaf diutamakan di masjid jami' atau masjid yang biasa digunakan untuk salat Jumat. Namun, iktikaf juga bisa dilakukan di masjid biasa.

Tata cara dan amalan iktikaf

Tata cara melaksanakan iktikaf adalah dengan cara berdiam diri di masjid dalam kurun waktu tertentu sambil melakukan amalan-amalan atau ibadah.

Berikut sejumlah amalan yang bisa dilakukan seseorang yang beriktikaf:

  • Melaksanakan salat sunat seperti salat tahiyatul masjid, salat lail, dan lain-lain

  • Membaca Al-Qur'an dan tadarus Al-Qur'an

  • Berdzikir dan berdoa

  • Membaca buku-buku agama

Baca Juga: Amalan dan Doa Malam Lailatul Qadar, 10 Hari Akhir Ramadan 2023 Mulai Malam Ini


 

 

 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.