Kompas TV cerita ramadan panduan

Meski Sibuk Kerja, Ini Metode Nyicil Bisa Khatam 30 Juz Al-Qur an

Kompas.tv - 23 Maret 2023, 12:26 WIB
meski-sibuk-kerja-ini-metode-nyicil-bisa-khatam-30-juz-al-qur-an
Al-Quran (Sumber: ?Kompas.com/UNSPLASH/ALI BURHAN)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Berikut ini merupakan cara mudah khatam Al-Qur'an yang terdiri dari 30 juz. Terkadang, memang sulit karena kesibukan kerja setiap hari, namun ternyata ada cara yang bisa diikuti. 

Caranya pun sangat sederhana dan bisa dihitung secara matematis. Kuncinya satu, yaitu istikamah. Lantas, bagaimana cara khatam Al-Qur'an saat  puasa Ramadan 2023?

Perhitungannya begini, Al-Qur'an sendiri terdiri 114 surat dan 30 juz.

Rata-rata jika mengacu pada lembar halaman, Al-Qur'an itu terdiri dari 604 halaman berdasarkan standar mushaf Al-Qur'an Standar Indonesia (MSI) yang dicetak oleh Unit Percetakan Al-Qur'an Kementerian Agama.

Jadi, bisa ditarget dengan rata-rata 20 halaman perhari selama satu bulan Ramadan 2023 ini.

Perhitungannya adalah: 4 halaman x 5 waktu salat x 30 hari Ramadan = 600 halaman.

Catatannya, jumlah sisa halaman Al-Qur'an anggap saja sebagai bonus atau tambahkan ke salah satu hari ketika baca Al-Qur'an

Maka, jika ingin sebulan sekali minimal bisa khatam Al-Qur'an, maka cara tamat Al-Qur'an berikut ini bisa dicoba: 

  • Sehari 1 juz dengan ketentuan baca 4 halaman Al-Qur'an setiap selesai salat fardhu atau wajib. Atau:
  • Baca 2 halaman ayat Al-Qur'an, dilakukan sebelum dan 2 halaman setelah salat wajib lima kali. Misalnya, sebelum salat zuhur, sisihkan waktu 2 halaman, ditambah lagi dua halaman lagi.
  • Jika ada lebih halaman Al-Qur'an, maka ditambahkan di antara waktu salat itu. Dari yang 4 halaman, bisa ditambah 1 halaman jadi 5 lagi. 
  • Kuncinya: Istikamah 

Baca Juga: Berdasarkan Hadis, Ini Daftar Amalan Sunah Nabi Muhammad di Bulan Puasa yang Bisa Diikuti

Sunah Nabi Khatam Al-Qur'an

Meskipun khatam Al-Qur'an di bulan Ramadan tidak wajib, tapi ada baiknya mengikuti sunah Nabi soal perbanyak baca Al-Qur'an, apalagi di bulan suci ini. 

Diriwayatkan dari Abdullah bin Amr bin Al-Ash, Rasulullah saw bersabda: "Bacalah (khatamkan) Al-Qur'an setiap bulan (sekali)," (HR Bukhori).

Para ulama sendiri sudah beri contoh soal khatam Al-Qu'ran ini.

Imam Syafii, pendiri mazhab Syafii yang banyak dianut di Indonesia dikisahkan mampu mengkhatamkan Al-Qur'an selama puluhan kali selama Ramadan.


 

Bahkan, ada yang menyebut beliau mampu khatam AlQuran hingga 60 kali selama Ramadan.

Tentu saja, sebagai umat biasa kita akan kesulitan meniru beliau. Apalagi, Imam Syafii memang sedari kecil sudah hafal Al-Qur'an.

Mumpung masih awal puasa Ramadan 2023, ada baiknya mulai mencicil khatam Al-Qur'an sebagai amalan puasa Ramadan bagi kita. Wallahu a'lam.

Baca Juga: Mimpi Basah saat Ramadan, Bikin Batal Puasa? Ini Penjelasan Hukumnya



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.