Kompas TV cerita ramadan amalan

Bacaan Doa Hari ke-17 Ramadan: Arab, Latin, Terjemahan dan Keutamaannya

Kompas.tv - 19 April 2022, 05:54 WIB
bacaan-doa-hari-ke-17-ramadan-arab-latin-terjemahan-dan-keutamaannya
Ilustrasi berdoa. berikut ini merupakan doa hari ke-17 Ramadan (Sumber: Pixabay)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ramadan 1443 Hijriah sudah memasuki hari ke-17. Berikut ini merupakan bacaan doa hari ke-17 Ramadan yang bisa diamalkan agar Ramadan kian berkah.

Umat Islam di Indonesia sendiri kebanyakan memulai puasa 1 Ramadan pada hari Minggu 3 April 2022 berdasarkan keputusan soal sidang Isbat yang dikeluarkan pemerintah pada hari Jumat, 1 April 2022.

Pada pekan ketiga Ramadan ini artinya, umat Islam sudah melewati setengah dari bulan suci ini. Sebuah keberhasilan yang patut disyukuri dan agar meningkatkan ibadah, khususnya nanti ketika memasuki 10 hari terakhir bulan Ramadan.  

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa ketika memasuki 10 Ramadan terakhir, beliau bersungguh-sungguh dalam ibadah (dengan meninggalkan istri-istrinya), menghidupkan malam-malam tersebut dengan ibadah, dan membangunkan istri-istrinya untuk beribadah.” (HR. Bukhari)

Sebagaiman hadis di atas, ada banyak cara yang bisa kita lakukan, mulai dari  memperbanyak baca Al-Qur'an, bersedekah dan biasanya para ulama menghabiskan waktu dengan beri'tifkaf di masjid. 

Lantas, kapan dibaca doa Ramadan ini?

Pada dasarnya, bisa dibaca saat usai salat tarawih, pada pagi hari atau usai salat wajib lima waktu sebagai upaya untuk mendapatkan barakah di bulan suci Ramadan 1443 H. Dikutip dari Pendidikan Islam Kementerian Agama, berikut ini merupakan doa hari ke-17 Ramadan. 

Baca Juga: Berdasarkan Hadis, Ini 4 Aktivitas Rutin Nabi Muhammad di Bulan Ramadan

Bacaan Doa Ramadan hari ke-17

Bacaan Doa Ramadan hari Ke-17 (Sumber: kompas.tv/dedik priyanto)

Teks latin: Allâhummah dinî fîhi lishâlihil a’mâli waqdhi lî fîhil hawâija wal âmâla yâ man lâ yahtâju ilat tafsîr was suâli yâ ‘âliman bimâ fî shudûril ‘âlamîn shalli ‘alâ muhammadin wa âlihith thâhirîn

Artinya : Ya Allah anugrahilah aku di bulan ini untuk bisa berperilaku yang baik dan kabulkanlah semua hajat dan keinginanku. Wahai yang tidak memerlukan penjelasan dan pertanyaan. Wahai yang Maha mengetahui apa yang ada di dalam alam ini. Anugrahilah shalawat dan salam bagi Muhammad dan keluarganya yang suci. 

Semoga Allah senantiasa memberi barakah di bulan suci Ramadan kepada kita. Amin. Wallahu a'lam. 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x