Kompas TV cerita ramadan tradisi

4 Titik Rawan Macet di Jalur Pantura Jateng yang Perlu Kamu Ketahui Saat Mudik Lebaran

Kompas.tv - 13 April 2022, 22:35 WIB
4-titik-rawan-macet-di-jalur-pantura-jateng-yang-perlu-kamu-ketahui-saat-mudik-lebaran
Jalan Siliwangi Semarang yang diprediksi menjadi satu titik rawan kemacetan saat mudik Lebaran 2022. (Sumber: Kompas TV/Prahayuda Febrianto)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Gading Persada

SEMARANG, KOMPAS.TV — Dinas Perhubungan Jawa Tengah (Dishub Jateng) memprediksi kemacetan akan terjadi di sejumlah titik jalur Pantai Utara (Pantura) saat mudik Lebaran 2022.

Kepala Dishub Jateng Henggar Budi Anggoro menyatakan, kemacetan diprediksi pasti terjadi di Jalur Pantura, terlebih saat ini pemerintah telah memperbolehkan masyarakat melakukan mudik Lebaran setelah dua tahun dilarang akibat pandemi Covid-19.

"Inikan momen sudah dua tahun yang tidak diperbolehkan mudik. Tentunya, pada tahun ketiga ini harapannya pasti semua orang pengennya mudik. Titik-titik rawan kemacetan itu sudah pasti kita prediksi dan terjadi di ruas jalur pantura," kata Henggar seperti dilaporkan jurnalis Kompas TV Prahayuda Febrianto, Rabu (13/4/2022).

Henggar menyatakan, titik-titik rawan kemacetan di Jalur Pantura saat mudik Lebaran diprediksi akan terjadi mulai ruas jalan berikut ini:

1. Jalan Siliwangi - Mangkang, Kota Semarang

2. Jalan lingkar Kaliwungu - Weleri, Kendal 

3. Gringsing - Brebes,

4. dan ruas Semarang-Solo.

Baca Juga: Menhub Tegaskan Tidak Ada Penyekatan dan Putar Balik Mudik Lebaran Tahun Ini

Lebih lanjut ia menjelaskan, nantinya sejak Kamis, 28 April 2022, pihaknya akan mengeluarkan semua kendaraan mulai dari KM 414.

"Jadi sebelum KM 414 itu, nanti depan kantor Dishub ini di Krapyak mulai arah barat nanti akan disteril dari situ. Semuanya dikeluarkan di depan Krapyak dan semuanya akan melalui jalan nasional," jelasnya.

Selain di Jalan Krapyak, Henggar juga menyebut titik kemacetan akan terjadi mulai dari Jalan Siliwangi hingga Mangkang.

Kemudian, dilanjutkan lagi kemacetan akan terjadi setelah Jalan lingkar Kaliwungu hingga Weleri, Kabupaten Kendal.

Henggar menyebut, kemacetan di ruas jalur pantura disebabkan karena minimnya kapasitas kendaraan.

"Karena ruas jalan pantura di sana juga kan kapasitasnya terbatas," ujarnya.

Dishub Jateng juga memprediksi, kemacetan akan terjadi mulai dari Gringsing, Kabupaten Batang hingga Brebes. Terakhir, kepadatan diprediksi juga akan terjadi di ruas Semarang-Solo.

"Mulai Gringsing nanti kita pastikan jalanan akan tersendat sampai Brebes. Nanti kondisinya seperti itu. Belum nanti ruas Semarang-Solo. Kita juga prediksikan di saat momen angkutan lebaran ini pasti akan sangat padat kondisinya," pungkasnya.

Baca Juga: Polri Kerahkan 166 Ribu Personel Kawal Mudik Lebaran 2022, Disebar ke Titik-titik Ini



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x