Kompas TV cerita ramadan cerita

Kisah Syamsuri, Juara MTQ yang Pernah Diundang Jokowi Kini Jadi Imam di Amerika Serikat

Kompas.tv - 12 April 2022, 12:11 WIB
kisah-syamsuri-juara-mtq-yang-pernah-diundang-jokowi-kini-jadi-imam-di-amerika-serikat
Syamsuri Firdaus di Amerika Serikat (Sumber:akun Instagram Syamsuri Firdaus -)
Penulis : Iman Firdaus | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Nama Syamsuri Firdaus pernah menjadi berita di tahun 2019. Kala itu, setelah menjadi Juara Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Internasional di Turki, Syamsuri diberi ucapan selamat langsung oleh Presiden Turki Erdogan.

Pulang ke tanah air, pihak Istana pun berkenan menemuinya. "Bertemu sama Pak Jokowi, membicarakan bagaimana kesannya diberikan penghargaan oleh Presiden Erdogan," kata Syamsuri usai bertemu Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa, 28 Mei 2019 lalu. 

Kini setelah tiga tahun berlalu, Syamsuri yang lahir di Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 11 April 1999 ini, sedang berada di Amerika Serikat. Dia mendapat undangan dari komunitas Muslim Indonesia di Washington DC, untuk menjadi imam salat tarawih pada puasa tahun ini.

Baca Juga: Imam Tarawih di Lapas Perempuan Itu Usia 16 Tahun, Jamaah pun Meneteskan Air Mata

"Insya Allah selama bulan suci Ramadhan saya akan memimpin Sholat Tarawih di Masjid IMAAM @imaam.center yang merupakan Masjid yang dikelola oleh kaum Muslimin Indonesia yang ada di Washington DC, USA," katanya, seperti dilihat dari akun Instagramnya, Selasa (12/4/2022). Ayah Syamsuri, Abdullah, mempersilakan KOMPAS.TV mengutip akun medsos anaknya. Maklum, saat ini nomor telepon selular Syamsuri dipegang oleh Abdullah. 

Dalam akun Instagramnya, Syamsuri memperlihatkan berbagai aktivitas seperti saat menjadi imam dengan bacaan yang merdu, bertemu Presiden Turki hingga berada di salah satu kota di negeri Paman Sam itu.
 
Selain menjadi imam, lulusan Sastra Arab Universitas Indonesia (UI) ini juga akan mengisi kegiatan lain seperti Mengajar Tilawah Quran dan Safari Haflah Nuzulul Quran.

Aktivitas lain yang cukup membanggakan adalah saat Syamsuri diundang dalam kegiatan ifthar atau buka puasa bersama para anggota kongres dan diplomat internasional pada acara di Virginia, Sabtu (9/4/2022).

Syamsuri tampil sebagai pembaca kalam ilahi, membawakan surat Al-Baqarah ayat 183 yang berisi perintah puasa. 

Baca Juga: Setelah Ganjar dan Anies, Malam Ini Menteri Nadiem Ceramah Tarawih di Masjid UGM

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa."

Selama tarawih, kata Syamsuri, kegiatan akan disiarkan secara live di channel Youtube Imaam Center.

"Semoga ibadah kita di bulan yang penuh berkah ini dilancarkan, diterima dan kita semua mendapatkan kemenangan di bulan suci Ramadhan yang mubarok ini.aamiin ya Rabb," ujarnya.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x