Kompas TV cerita ramadan kesehatan

Kapan Waktu yang Tepat untuk Sikat Gigi saat Puasa? Simak Penjelasannya

Kompas.tv - 5 April 2022, 08:44 WIB
kapan-waktu-yang-tepat-untuk-sikat-gigi-saat-puasa-simak-penjelasannya
Ilustrasi. Waktu yang tepat untuk sikat gigi saat puasa. (Sumber: Pexels/MART PRODUCTION)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Selama bulan Ramadan, umat Islam akan mengalami perubahan pola rutinitas harian, termasuk sikat gigi.

Tak sedikit yang bertanya soal kapan waktu yang tepat untuk sikat gigi saat puasa. Hal ini penting, mengingat saat berpuasa, mulut cenderung mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Oleh karenanya, penting untuk menjaga kesehatan mulut. Salah satu kiat menjaga kesehatan mulut selama puasa adalah rutin menyikat gigi.

Baca Juga: Apa Hukum Sikat Gigi Saat Puasa? Simak Aturannya dari Ulama

Menyikat gigi akan membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel di gigi yang dapat berujung pada keluhan gigi berlubang hingga sakit gigi.

Biasanya, kegiatan menyikat gigi dilakukan setelah sarapan dan sebelum tidur di malam hari. Lantas, kapan waktu yang tepat untuk sikat gigi saat puasa?

Dokter gigi di Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Soelastri Solo, drg. Sartari Entin Yuletnawati menjelaskan bahwa kita perlu mengubah waktu sikat gigi di kala puasa.

Waktu sikat gigi saat puasa yang tepat adalah setelah makan sahur dan sebelum tidur di malam hari.  Waktu ini memang tidak jauh berbeda dengan hari-hari biasanya.

Tak hanya menyikat gigi, untuk menjaga kesehatan mulut, Sartari juga mengingatkan untuk tidak melupakan lidah. 

Lidah merupakan salah satu tempat berkumpulnya bakteri di mulut sehingga harus disikat agar tidak menyebabkan bau mulut dan sariawan.

Baca Juga: Ternyata Mencium Pasangan di Siang Hari Tidak Membatalkan Puasa, tapi...

Sartari juga menyarankan Muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa untuk sering-sering berkumur. Sering berkumur akan mengeluarkan sisa-sisa makanan yang menempel di gigi atau area mulut yang tidak terjangkau oleh sikat gigi.

“Berkumur saat puasa Ramadan akan sangat membantu sekali karena kondisi gigi dan mulut yang bersih akan membawa suasana yang nyaman ketika seseorang sedang puasa,” kata dia, mengutip Kompas.com, Selasa (5/4/2022).

Saat berkumur, Sartari juga memperbolehkan untuk menggunakan obat kumur. Namun, ada baiknya untuk memilih produk obat kumur non-alkohol.

Baca Juga: Alami Sembelit Saat Puasa? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Senada dengan Sartari, dokter gigi di Rumah Sakit Pamulang, R. Ngt Anastasia Ririen Pramudyawati juga mengatakan bahwa sikat gigi saat puasa dapat dilakukan setelah makan dan sebelum tidur.

Untuk menghindari bau mulut yang mengganggu, Anastasia menyarankan untuk menghindari makanan yang beraroma kuat seperti, bawang putih, bawang bombay, petai, atau jengkol saat puasa.

“Hindari jenis-jenis makanan menyengat yang bisa memicu aroma yang mungkin tidak ideal atau tidak sehat,” ujarnya, mengutip Tribunnews.



Sumber : Kompas.com, Tribunnews


BERITA LAINNYA



Close Ads x