Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Colin Huang, Anak Muda yang Geser Jack Ma sebagai Orang Terkaya China Segini Hartanya

Kompas.tv - 23 Juni 2020, 19:34 WIB
colin-huang-anak-muda-yang-geser-jack-ma-sebagai-orang-terkaya-china-segini-hartanya
Colin Huang pendiri e-commercer Pinduoduo (Sumber: Dok. Forbes)
Penulis : Dian Septina

Pendiri Alibaba Group, Jack Ma, kini bukan orang terkaya ke-2 di China. Posisi bergensi ini kini dipegang oleh Bos startup e-commerce Pinduoduo Colin Huang yang berusia 40 tahun.

Kekayaan Colin Huang mencapai US$ 87,58 miliar atau setara Rp 1.226 triliun (kurs Rp 14.000/US$) berkat perusahaannya Pinduoduo.

Mantan karyawan Google ini diketahui berhasil membuat Pinduoduo sebagai platfrom e-commerce besar dan menjadi pesaing berat dari Alibaba saat ini. Perusahaan ini dengan cepat menjadi salah satu startup ritel online terbesar di China dengan kapitalisasi pasar US$104 miliar.

Baca Juga: Rugi, Zara Tutup 1.200 Toko di Seluruh Dunia, Ada Indonesia?

Diketahui bahwa salah satu alasan mengapa Colin dapat mengalahkan Jack Ma karena pendiri Alibaba tersebut sudah tidak mendapatkan kekayaan yang cukup besar sejak dirinya pensiun pada tahun lalu.

Colin Huang memulai karirnya di markas besar Google di AS pada tahun 2004, dan kemudian pindah ke China sebagai bagian dari tim yang mendirikan Google China. 

Jauh sebelum dinobatkan sebagai orang terkaya, Huang hanyalah pria biasa dengan lulusan ilmu komputer yang menyandang gelar master dari University of Wisconsin di Madison.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x