Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Jelang Natal dan Tahun Baru 2023, Penumpang Keluhkan Harga Tiket Pesawat Naik 20-30 Persen

Kompas.tv - 14 Desember 2022, 08:25 WIB
jelang-natal-dan-tahun-baru-2023-penumpang-keluhkan-harga-tiket-pesawat-naik-20-30-persen
Menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2023, Bandara Soekarno-Hatta sudah dipadati ribuan penumpang yang akan berpergian ke berbagai daerah. (Sumber: Kompas TV/ Eka Marlupy )
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

TANGERANG, KOMPAS.TV - Menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2023, Bandara Soekarno-Hatta sudah dipadati ribuan penumpang yang akan berpergian ke berbagai daerah. Berdasarkan data manajemen Bandara Soetta, dalam peak season seperti ini ada 120.000 penumpang yang berangkat dan tiba di bandara tersebut dalam satu hari.

Tingginya permintaan masyarakat akan layanan penerbangan, otomatis membuat harga tiket pesawat naik sekitar 20 persen hingga 30 persen. Seperti yang dialami penumpang tujuan Surabaya, Lidya.

Ia mengeluhkan naiknya harga tiket Jakarta-Surabaya yang biasanya tidak sampai Rp1 juta, tapi kini naik menjadi Rp1,4 juta.

"Sekarang naik dibanding kemarin mungkin pengaruhnya dari Natal dan Tahun Baru, jadi paham tiket biasanya segini tapi sekarang jadi besar," kata Lidya kepada kontributor Kompas TV Eka Marlupy, Rabu (14/12/2022).

Baca Juga: Daftar 8 Tol Gratis untuk Libur Nataru 2023, Termasuk Tol Bocimi dan Japek Selatan

"Tapi ya saya berharap tiketnya tidak terlalu mahal, bisa jadi lebih murah," ujarnya.

Sementara calon penumpang bernama Safri, memaklumi jika harga tiket pesawat naik saat libur Natal dan Tahun Baru. Safri sendiri akan naik pesawat menuju Makassar, Sulawesi Selatan. Harga tiket yang biasanya Rp1,3 juta - Rp1,4 juta, kini naik menjadi Rp1,9 juta.


"Setiap tahun kenaikan tiket pesawat saya alami, karena maskapai kan mengejar peak season, jadi naik satu kali setahun biasa lah. Karena maskapai mencari keuntungan," tutur Safri.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x