Kompas TV bisnis kebijakan

Sayonara Premium dan Revvo 89, Mulai 1 Januari 2023 Dilarang Dijual di Indonesia

Kompas.tv - 26 Oktober 2022, 05:46 WIB
sayonara-premium-dan-revvo-89-mulai-1-januari-2023-dilarang-dijual-di-indonesia
Mulai 1 Januari 2023, pemerintah resmi melarang penjualan BBM RON 88 dan RON 89 di Indonesia. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Mulai 1 Januari 2023, BBM jenis RON 88 dan RON 89 sudah tidak boleh lagi dijual di Indonesia. Hal ini sesuai keputusan yang ditetapkan di Jakarta pada tanggal 11 Oktober 2022 dan ditandatangani oleh Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Arifin Tasrif.

Beleid tersebut diatur dalam Keputusan Menteri ESDM Nomor 245.K/MG.01/MEM.M/2022 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis BBM Umum Jenis BBM dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui SPBU dan atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan.

“Bahwa standar dan mutu (spesiflkasi) bahan bakar minyak jenis bensin (Gasoline) RON 88 yang dipasarkan di dalam negeri telah dinyatakan tidak berlaku terhitung mulai tanggal 1 Januari 2023,” demikian bunyi aturan itu, seperti dikutip dari Kompas.com, Rabu (26/10/2022).

Baca Juga: SPBU Vivo Akhirnya Jual BBM RON 90, tapi Harganya Lebih Mahal dari Pertalite

Anggota Komite Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas) Saleh Abdurrahman  juga membenarkan soal penjualan BBM RON 88 dan 89 dilarang mulai 1 Januari 2023.

Saleh mengatakan, dengan aturan ini diharapkan BBM yang dikonsumsi masyarakat lebih bersih dan irit.

“Betul, kita juga berharap bahwa BBM dengan kualitas yang lebih baik akan semakin banyak dikonsumsi oleh masyarakat karena lebih bersih dan lebih irit,” ikat Saleh kepada Kompas.com.

Di Indonesia, BBM RON 88 adalah Premium yang tadinya dijual Pertamina. Sedangkan BBM RON 89 adalah Revvo 89 yang dijual SPBU Vivo. Namun pihak Pertamina memastikan sudah tidak menjual lagi Premium.

Baca Juga: BBM Boros Banyak Penyebabnya, Mulai dari Kemacetan yang Makin Parah sampai Gaya Menyetir

Posisi Premium yang tadinya merupakan BBM Penugasan atau BBM Subsidi kini digantikan oleh Pertalite yang memiliki RON 90.

"BBM yang disalurkan Pertamina paling rendah RON 90," kata Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting kepada wartawan.

Begitu juga dengan PT Vivo Energy Indonesia yang merupakan operator SPBU Vivo, yang memutuskan untuk tidak menjual lagi BBM jenis Revvo 89 dari pasar.

"Untuk mematuhi kebijakan pemerintah, PT Vivo Energy Indonesia telah mengambil langkah langkah yang diperlukan untuk menghabiskan persediaan Revvo 89 kami pada akhir tahun ini," demikian keterangan PT Vivo Energy Indonesia, Selasa (6/9/2022).

Vivo kini telah menggantinya dengan Revvo 90 atau setara Pertalite, dengan harga Rp12.600 per liter.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x