Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Ada Fitur Crash Detection, iPhone 14 Otomatis Panggil 911 Saat Pengguna Naik Rollercoaster

Kompas.tv - 11 Oktober 2022, 09:02 WIB
ada-fitur-crash-detection-iphone-14-otomatis-panggil-911-saat-pengguna-naik-rollercoaster
Fitur darurat pada iPhone 14 secara otomatis menelepon 911 ketika pengguna membawa ponsel itu naik rollercoaster. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

NEW YORK, KOMPAS.TV- Fitur darurat pada iPhone 14 secara otomatis menelepon 911 ketika pengguna membawa ponsel itu naik rollercoaster. Seperti yang dilaporkan The Wall Street Journal dan Cnet, pada Minggu (9/10) waktu setempat, setidaknya ada enam panggilan darurat ke 911 yang berasal dari taman bermain King Island di Cincinnati, Amerika Serikat.

Kemudian ada juga saat pengguna naik rollercoaster di Six Flags Great America di dekat Chicago. Semua peristiwa terjadi sejak iPhone 14 dijual di negara tersebut pada September. Sebelumnya, iPhone 14 juga dikabarkan secara otomatis memanggil 911 ketika ponsel terjatuh saat pengguna sedang mengemudi.

Mengutip dari Antara, Selasa (11/10/2022), Apple memang menambahkan fitur darurat pada iPhone 14, yang dinamakan Crash Detection atau deteksi kecelakaan. Apple menyematkan sensor dan akselerometer supaya ponsel bisa mendeteksi bahaya, dari depan, belakang, samping dan ketika ponsel terguling.

Baca Juga: Apple Naikkan Harga Jual iPhone 14 di Sejumlah Negara Selain Amerika Serikat

Ketika terjadi kecelakaan, ponsel secara otomatis menghubungi layanan darurat, di Amerika Serikat adalah 911. Jika pengguna tidak menutup telepon dalam 20 detik, ponsel secara otomatis mengirimkan pesan kepada 911 berisi kecelakaan dan lokasi.

Hal itu sangat bermanfaat saat pengguna ponsel tersebut mengalami kecelakaan. Seperti yang terjadi belum lama ini, saat fitur Crash Detection mengirimkan pesan darurat ketika mobil seorang pengguna di Nebraska menabrak pohon. Ketika kecelakaan itu terjadi, tidak ada saksi di lokasi sehingga tidak ada orang yang bisa meminta bantuan.

Selain iPhone, Apple juga menyematkan fitur itu pada jam tangan Apple Watch 8. Fitur Crash Detection bisa dimatikan melalui pengaturan atau ketika ponsel dalam mode pesawat terbang (airplane).

Baca Juga: Ini Cara Mengecek IMEI iPhone Terdaftar atau Tidak, Awas Risiko Kehilangan Sinyal!

Sementara itu, Apple membatalkan rencana menambah produksi iPhone 14 karena kenaikan permintaan ponsel tersebut tidak seperti yang mereka antisipasi. Tadinya mereka berencana menambah perakitan iPhone 14 sejumlah 6 juta unit pada paruh kedua tahun ini.

Namun Apple akhirnya menetapkan mereka hanya akan memproduksi 90 juta unit ponsel untuk periode tersebut. Jumlah tersebut kurang lebih sama dengan produksi tahun lalu.



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x