Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Krisis Ekonomi di Depan Mata, Pemerintah Genjot Kinerja Ekspor

Kompas.tv - 29 September 2022, 13:07 WIB
krisis-ekonomi-di-depan-mata-pemerintah-genjot-kinerja-ekspor
Ilustrasi - Pemerintah berupaya menjaga kinerja ekspor di tengah potensi pelemahan ekspor akibat krisis ekonomi di sejumlah negara. (Sumber: Getty Images)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV –  Selain pengusaha yang menghadapi tekanan bersiasat untuk mempertahankan bisnis agar tidak tergerus imbas ketidakpastian ekonomi global, pemerintah dalam hal ini juga berupaya menjaga kinerja ekspor.

Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) berusaha menjaga agar kinerja ekspor Indonesia tetap tumbuh positif seperti misi dagang ke sejumlah negara.

Pada 26 September 2022, misalnya, Indonesia dan Jepang berhasil menyepakati kontrak dagang cangkang kernel kelapa sawit senilai 138,2 juta dollar AS di Tokyo, Jepang.

Pertemuan bisnis antara pengusaha Jepang dengan enam perusahaan cangkang kernel kelapa sawit Indonesia itu difasilitasi Kemendag dan Asosiasi Pengusaha Cangkang Sawit Indonesia (Apcasi).

Baca Juga: Sejumlah Komoditas Ekspor Kinerjanya Tak Terpengaruh Resesi Dunia, Sawit Tetap Jaya

“Hal itu merupakan upaya pemerintah dengan pengusaha nasional untuk meningkatkan ekspor Indonesia,” kata Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Didi Sumedi dalam siaran pers di Jakarta.

Disebutkan, Indonesia merupakan salah satu negara penghasil cangkang kernel kelapa sawit yang dapat digunakan sebagai bahan biomasa. Pada 2021, sebesar 87,1 persen tujuan ekspor cangkang kernel kelapa sawit adalah negara Jepang

Ketua Apcasi Dikki Akhmar menambahkan, peluang perdagangan dan investasi produk turunan sawit untuk biomassa tidak hanya berupa cangkang kernel kelapa sawit. Ada juga beberapa alternatif lain, seperti tandan sawit kosong (empty fruit bunch).

Baca Juga: Hampir Sama, Ini Perbedaan Resesi dan Depresi Ekonomi

 




Sumber : Kompas.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x