Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Festival Durian Muara Enim Bakal Digelar Lagi, Ada Pemilihan Durian Terbaik dan Terbesar!

Kompas.tv - 24 Agustus 2022, 00:20 WIB
festival-durian-muara-enim-bakal-digelar-lagi-ada-pemilihan-durian-terbaik-dan-terbesar
Juru pilih menunjukkan pilihan durian yang matang dan siap untuk dimakan bagi pengunjung pada Festival Buah dan Pertanian Sumsel di halaman Griya Agung Palembang, Sumsel, Jumat (10/1/2020). (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Edy A. Putra

PALEMBANG, KOMPAS.TV – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim, Sumatera Selatan mempromosikan destinasi wisata alamnya melalui gelaran Festival Durian pada 28 Agustus 2022 mendatang.

Festival Durian ini dipandang sebagai media promosi paling efektif untuk memperkenalkan Kabupaten Muara Enim.

Pj Bupati Muara Enim Kurniawan mengatakan, Pemkab berencana menggelar kembali agenda tahunan ini setelah sempat terhenti dalam tiga tahun terakhir lantaran pandemi Covid-19.

“Rencananya akan digelar pada 28 Agustus 2022 di kawasan Plumeria Ecopark,” terang Kurniawan di Muara Enim, Selasa (23/8/2022), dikutip dari Antara.

Dalam Festival Durian ini rencananya akan diisi juga oleh beragam perlombaan, seperti pemilihan durian terbaik dan terbesar. Ada juga kegiatan peduli lingkungan yakni dengan penanaman pohon durian.

Terakhir kali Pemkab Muara Enim menggelar Festival Durian di objek wisata Air Terjun Curup Tenang Bedegung pada 2019 yang mendapatkan respons positif dari warga Sumsel.

Hal ini lantaran Muara Enim dikenal sebagai salah satu kabupaten di Sumsel yang menghasilkan durian.


Baca Juga: Menikmati Durian Yang Dipetik Langsung Dari Lereng Gunung Wilis

“Saat ini sedang musim durian sehingga festival diharapkan menjadi ruang bagi pemberdayaan masyarakat,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sumsel Aufa Syahrizal mengatakan pemerintah provinsi mengapresiasi upaya pemerintahan di kabupaten/kota yang berupaya mengangkat kembali perekonomian masyarakat setelah terdampak pandemi melalui sektor pariwisata.

Kabupaten/kota diharapkan menggali potensi pariwisata yang dimiliki sehingga pengembangan sektor ini tak hanya bertumpu di Kota Palembang.

“Potensi memang justru banyak di daerah, terutama untuk wisata alam,” kata Aufa.



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x