Kompas TV bisnis kebijakan

Kebijakan Pusat Soal Dana Bagi Hasil Sawit Ditunggu

Kompas.tv - 3 Agustus 2022, 07:07 WIB
kebijakan-pusat-soal-dana-bagi-hasil-sawit-ditunggu
Wakil Gubetnur Kaltim Hadi Mulyadi (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Iman Firdaus

SAMARINDA, KOMPAS.TV – Pemerintah Provinsi Kalimantan masih menunggu kebijakan dari pemerintah pusat terkait dengan dana bagi hasil (DBH) komoditas kelapa sawit.

"Meski DBH sawit sedang digodok, sudah disepakati akan ada dana bagi hasil sawit," kata

Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi  mengatakan, meski DBH sawit sedang digodok tapi sudah ada kesepakatan tentang bagi hasil sawit.  

Hadi mengungkapkan, Kaltim bersama sebagian besar daerah penghasil kelapa sawit berupaya memasukkan komoditas kelapa sawit dalam skema pemberian dana bagi hasil (DBH) dari pusat ke daerah.

“Kami beberapa kali mengundang gubernur dari provinsi penghasil kelapa sawit untuk menggodok regulasi tersebut, lalu megusulkannya ke pusat," di Samarinda, Selasa (2/8/2022), dikutip dari Antara

Diketahui, hingga saat ini DBH sawit tengah dibahas oleh pemerintah pusat. Terkait itu, Kaltim bersama daerah-daerah lain menunggu hasil keputusan tersebut.

Baca Juga: Mendag Zulhas Targetkan Setidaknya Minggu Depan, Harga TBS Sawit Di Atas Rp2.000 Per Kg

Sementara itu, Pj. Sekprov Kaltim Riza Indra Riadi menegaskan bahwa pihaknya bakal memperjuangkan DBH sawit ke pusat.

Skema yang diajukan penambahan komponen kelapa sawit dalam DBH sumber daya alam yang diambil dari dana bea keluar dan pungutan ekspor kelapa sawit dan turunannya.

Pemprov Kaltim mengusulkan alokasi 90 persen untuk daerah dengan pembagian untuk provinsi yang bersangkutan 35 persen, kabupaten/kota penghasil 45 persen, kabupaten/kota lainnya dalam provinsi 10 persen.

"Dana bagi hasil (DBH) perkebunan sawit masuk dalam arah kebijakan umum Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) Tahun Anggaran 2023. Pemerintah pusat mengakomodasi usulan 22 daerah penghasil kelapa sawit Indonesia," tegasnya.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x